Pastikan Terdaftar Dalam DPT, KPU Kotamobagu Turunkan 288 PPDP Gelar Coklit

0
73
Pastikan Terdaftar Dalam DPT, KPU Kotamobagu Turunkan 288 PPDP Gelar Coklit Kotamobagu Politik
Ratusan PPDP di Kota Kotamobagu mulai menemui pemilih dari rumah ke rumah guna dilakukan pemuitakhiran data pemilih untuk Pilkada Serentak Lanjutan 2020.

ZONA KOTAMOBAGU – Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan tahun 2020 mulai digelar, Rabu (15/7). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu pun mulai menurunkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk mengunjungi pemilih dari rumah ke rumah guna dilakukan pencocokan dan penelitian data pemilih.

Menurut Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kotamobagu, Yokman Muhaling menjelaskan dimulainya tahapan Coklit sesuai Peraturan KPU Nomor:5 Tahun 2020 (PKPU No:5/2020) Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dana tau Walikota dan Wakil Wali Kota. “Tahapan Coklit ini akan dilaksanakandari tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus,” katanya.

Dalam kegiatan Coklit ini, KPU Kotamobagu menurunkan 288 PPDP yang akan melakukan Coklit di 33 desa dan kelurahan di Kota Kotamobagu. “PPDP akan mencatat pemilih yang telah memenuhi syarat tapi belum terdaftar dalam daftar pemilih, kemudian menghapus pemilih yang sudah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seperti meninggal dunia, pindah domisili, dan kemudian mengubah data jika ada ketidaksesuaian data yang dalam daftar pemilih dan dokumen kependudukan pemilih,” jelasnya.

Dalam proses Coklit ini, ratusan PPDP telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai amanat PKPU No:6/2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). “Dan yang terpenting juga KPU Kotamobagu dan jajaran sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan sekretariat, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sekretariat sampai PPDP yang turun melakukan Coklit ini sudah melalui pemeriksaan Rapid Diagnostic Test guna memastikan tidak ada yang terpapar Covid-19. Hal ini sebagai bentuk keseriusan KPU melanjutkan tahapan Pilkada Serentak Lanjutan 2020 yang aman dan sehat,” ujarnya.

Sebelum turun melakukan Coklit, ratusan PPDP ini dilantik secara virtual. Pelantikan dipimpin Ketua KPU Kotamobagu Iwan Manoppo, bersama seluruh komisioner masing-masing Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, Adrian Herdi Dayoh, rohaniawan serta seluruh staf sekretariat KPU Kotamobagu. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here