Pedagang Atribut Merah Putih Menjamur

0
41
Pedagang Atribut Merah Putih Menjamur Kotamobagu
Salah satu tempat penjualan atribut dan pernak-pernik merah putih yang ada di sekitar pusat kota.

ZONA KOTAMOBAGU – Pedagang atribut merah putih mulai menjamur wilayah Kota Kotamobagu. Pantauan koran ini, ada lebih dari 10 pedagang yang berjualan berbagai atribut merah putih, seperti bendera, spanduk dan jenis lainnya. Mereka menempati lahan kosong yang ada di pinggiran jalan, serta tempat yang ramai dari aktivitas masyarakat. Pedagang-pedagang itu rata-rata berasal dari Pulau Jawa.

Salah satu pedagang, Muliono Prasojo (43), mengaku momentum HUT Kemerdekaan yang diperingati setiap tahunnya menjadi berkah tersendiri baginya dan pedagang lainnya. “Ini sudah tahun ke-empat saya berjualan di sini (Kotamobagu). Awalnya hanya coba saja, tapi setelah berjualan alhamudlillah hasilnya lumayan,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, bendera dan atribut lainnya yang dijual itu dibawa dari Pulau Jawa ke Kota Kotamobagu. “Harga jual di sini bervariasi, tergantung ukurannya. Bendera dengan panjang 10 meter harganya lima ratus ribu, kalau ukuran lima meter harganya dua ratus lima puluh ribu. Untuk umbul-umbul ada yang harga empat puluh lima ribu dan ada juga yang tujuh puluh lima ribu. Kalau yang ukuran kecil-kecil hanya sepuluh ribu,” ungkapnya.

Ia mengakui, minat masyarakat datang membeli bendera atau umbul-umbul perlahan mulai meningkat. Di awal-awal ia berjualan katanya masih sepi pembeli. “Semakin dekat di 17 Agustus pembelinya sudah mulai ramai. Ada masyarakat biasa, ada juga pegawai yang datang membeli. Mungkin itu akan dipasang di kantor,” ujarnya.

Kepala Bidang Ketertiban dan Ketentraman Umum Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Bambang Dachlan, meminta semua pedagang atribut untuk tidak berjualan di tempat-tempat yang di larang. “Tidak ada yang melarang berjualan. Tapi jangan sampai menggunakan badan jalan, karena itu dapat mengganggu arus lalu lintas. Kemudian perhatikan kebersihan di sekitar tempat jualan,” imbaunya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here