Pelabuhan Labuan Uki Kini Miliki Fasilitas Dok Kapal

0
318
Pelabuhan Labuan Uki Kini Miliki Fasilitas Dok Kapal Bolmong
Bupati Bolmong didampingi Herry Lumempow, saat melakukan peletakan batu pertama pembanguna rel dok kapal 2013 silam

ZONA BOLMONG – Para pengusaha perkapalan di Pelabuhan Labuan Uki Lolak saat ini tak perlu lagi bergantung pada pasang surut air laut ketika melakukan servis atau rehab badan kapal. Kemudahan itu didapatkan karena pelabuhan telah dibuat dok kapal.

Menurut Bupati Salihi Mokodongan, dok kapal sudah lama diharapkan kehadiranya karena untuk melakukan servis saja harus menyesuaikan dengan kondisi alam pasang surut air laut, “Ini tentu memerlukan waktu yang lama. selama ini untuk mengecat kapal saja para pengusaha sangat kewalahan karena harus menyesuaikan dengan pasang surut air laut,” kata Salihi.

Menurutnya, keberadaan dok kapal itu sangat membantu para pengusaha perkapalan. ”Saat ini, musim apapun kapal boleh langsung diservis atau direhab dengan waktu yang sudah tentu lebih singkat dibanding dengan cara sebelumnya,” ujar Salihi.

Kapal yang berkatifitas di Pelabuhan Labuan Uki tercatat lebih 70 unit, yang sebagain besar adalah kapal penangkap ikan dengan kapasitas di atas GT 30 (30 Ton). Ditambah dengan beberapa buah kapal semen yang melakukan bongkar muat. “Kita bersyukur sebab fasilitas di pelabuhan ini terus bertambah dan tidak kalah dari daerah yang lain,” kata Salihi.

Direktur PT MEX Herry Lumempow selaku pihak yang membangun dok rel kapal berkapasitas 300 Ton di Labuan Uki tersebut mengatakan, saat ini perusahaanya baru membangun satu rel saja. Ke depan pihaknya merencanakan membangun dua rel. “Kapasitas dok bisa untuk ukuran kapal semen maupun kapal tengker sekalipun,” jelas Herry.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here