Pelanggar Lalin Malas Ikut Sidang

0
371
Pelanggar Lalin Malas Ikut Sidang Hukum
Tampak sidang yang digelar 2013 lalu. Dari ratusan berkas kasus tilang, yang hadir hanya puluhan pelanggar.

ZONA HUKRIM – Rendahnya disiplin berlalulintas warga hingga mendapat sanksi tilang saat berkendara, tampaknya berbanding dengan rendahnya angka mengikuti sidang tiap pekan di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. Pasalnya, setiap Jumat pagi yang merupakan agenda rutin sidang tilang di PN Kotamobagu, hanya sedikit dari para pelanggar lalu lintas (Lalin) yang hadir mengikuti persidangan.

Seperti agenda sidang yang digelar Jumat (25/4) lalu. Dari 83 berkas, yang hadir hanya dua orang. Hal itu dibenarkan Nur Dewi Sundari SH, Hakim tunggal pada sidang tilang hari itu. kata dia, yang ikut sidang hanya dua terdakwa, keduannya disidang dengan pelanggaran kelengkapan surat berkendara. “Tiap pekan memang jumlah yang hadir lebih sedikit dari berkas yang disidangkan,” paparnya.

Dia menjelaskan, warga yang tidak mengikuti sidang sesuai jadwal, berkasnya diputus verstek (Putus tanpa dihadiri terdakwa). “Dengan putus verstek, denda yang akan dibayarkan lebih besar. sementara yang mengikuti sidang denda berkisar 55 hingga 60 ribu untuk mobil, dan 40 ribu untuk motor,” terangnya.

Ditempat yang sama, Humas PN Kotamobagu Erick I Christoffel SH, mengharapkan kesadaran warga untuk mengikuti sidang sesuai jadwal yang tertera pada surat tilang. “Ikuti sidang sesuai jadwal, Pun begitu diharapkan masyarakat untuk tertib berlalulintas, hal itu bukan hanya agar terhindar dari sanksi tilang, namun yang paling penting untuk keamanan diri dalam berkendara,” imbaunya.(zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here