Pembahasan LPj Tertunda, Lengkong: Ini Jelas Kesalahan Ketua Pansus

0
375
Pembahasan LPj Tertunda, Lengkong: Ini Jelas Kesalahan Ketua Pansus Boltim
Revvy Lengkong

ZONA BOLTIM – Tertundanya Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBD Boltim 2014 merupakan kesalahan dari Panitia Khusus (Pansus) LPj itu sendiri. Pasalnya, ketika akan dilaksanakan pembahasan beberapa anggota pansus termasuk Ketua Pansus Sumardia Modeong pun tidak hadir.

Hal itu sebagaimana dikatakan salah satu personel Pansus, Revvy Lengkong saat bersua zonabmr.com, Selasa (14/7) tadi. “Pembahasannya sebenarnya kemarin pagi sekitar jam 09:00, akan tetapi ada penundaan disebabkan anggota pansus lainnya tidak hadir termasuk ketua,” ucap Lengkong.

Ditegaskannya, tertundanya paripurna bukan dari Ketua Dewan Sam Sachrul Mamonto, karena hal tersebut jelas kesalahan Ketua Pansus, “Saya bukan membela Ketua Dewan akan tetapi kesalahan ini jelas-jelasnya dari ketua pansus, pada pembahasan saja tidak hadir Senin, (13/7) (kemarin, red). Jadi ketua pansus jangan bunyi dengan saling menyalahkan,” ujar Lengkong.

Selain itu, Lengkong pun menentang pernyataan Ketua Pansus Sumardia Modeong, yang menyebutkan Pansus sudah siap tapi harus disetujui ketua dewan dulu, sebagaimana dilansir Surat Kabar Harian Metro edisi Selasa (14/7) hari ini. Menurut Lengkong, hal itu sama sekali keliru.

“Masak dia (Sumardia Modeong) mantan ketua dewan dan pernah jadi dia tidak tahu. Pimpinan dalam hal ini ketua Dewan hanya menerima laporan bahwa ketua pansus sudah siap, jadi jangan saling menyalahi. Dan ketua pansus jangan asal bicara,” ujar Lengkong, “kami bukan menyalahkan ketua Pansus tetapi sebagai ketua pansus harus mengetahui mekanisme aturan, dia harus proaktif. Jadi hal ini bukan kesalahan ketua,” tegasnya.

Di tempat yang sama Abdul Rahman Ambarak mengatakan, pansus sudah terbentuk maka tidak perlu harus menunggu petunjuk dari ketua dewan. “Apa gunanya dibentuk Pansus kalau pembahasannnya harus menunggu ketua. Kami yang tidak masuk tim pansus sering hadir, justru tim pansus sendiri kadang hadir di kantor. ini kan aneh,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada Senin kemarin, Ketua Dewan hadir di kantor, “Ketua dewan hadir, ketua pansus sendiri tidak hadir. Bagaimana dilakukan pembahasan sedangkan ketua (pansus) sendiri tidak kelihatan,” beber Ambarak.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here