Pembangunan Jalan Pertanian Desa Moyag Ditarget Rampung Desember

0
208
Pembangunan Jalan Pertanian Desa Moyag Ditarget Rampung Desember Headline Kotamobagu
Proses pengerjaan jalan pertanian Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur.

ZONA KOTAMOBAGU — Pemerintah Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, memanfaatkan Dana Desa (Dandes) untuk peningkatan infrastruktur dalam desa, termasuk di sektor pertanian.

Untuk tahun ini, Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran sebesar Rp700 juta untuk pembangunan akses jalan pertanian sepanjang 700 meter. Saat ini, pembangunannya sedang berlangsung dan ditargetkan rampung pada Desember mendatang.

Kepala Desa Moyag, Drs Rusmin Mamonto, mengatakan pengerjaan jalan tersebut dilaksanakan dalam dua tahap, sekaligus penamaannya.

“Saat ini sudah pada tahap penyelesaian. Sementara progres penyelesaian tahap pertama ini sudah berjalan 70 persen. Mulai dari pembukaan jalan dengan akses sepanjang 1,12 kilo meter sampai penimbunan material yang tengah dalam proses pekerjaan dengan menggunakan tanah dan material sirtu kerikil,” ujar Rusmin.

Lanjutnya, untuk pembangunan jalan baru ini, juga tengah dalam pengusulan nama jalan. “Ada beberapa usulan nama jalan yang disiapkan untuk akses jalan baru ini. Yang nantinya akan dirapatkan bersama dengan BPD serta tokoh masyarakat. Untuk namanya diantaranya, jalan Abo dan jalan usaha tani,” tuturnya.

Sementara itu, Bendahara Desa Moyag, Osen Mamonto, menambahkan untuk kelanjutan penyelesaian akses jalan baru ini akan masuk pada pengusulan anggaran perubahan desa.

“Finishing pembangunan jalan ini akan dilaksanakan pada anggaran perubahan Desa dengan pengusulan dana sebesar Rp300 juta, dengan beberapa pekerjaan mulai dari pembuatan gorong dan ada pekerjaan penahan tanah berupa talud untuk mengantisipasi adanya aliran air dipinggir sungai yang ada,” ujar Mamonto. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here