Pembentukan AKD, Sachrul: Jadi Anggota Atau Pimpinan Sama Saja

0
443
Pembentukan AKD, Sachrul: Jadi Anggota Atau Pimpinan Sama Saja Boltim
Sam Sachrul Mamonto

ZONA BOLTIM – Empat partai politik peraih tiga kursi yang sama di Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim periode 2014-2019, secara otomatis memiliki fraksi utuh tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya.

Keempat Parpol tersebut, yakni PAN, Golkar, PDIP dan Hanura. Sedangkan, partai PKB, Gerindra, Demokrat, PKS dan Nasdem harus berkoalisi untuk bisa membentuk satu fraksi karena perolehan kursi dari masing-masing partai tersebut belum memenuhi syarat sebagai satu fraksi utuh di Dekab.

Partai Gerindra, PKB dan Demokrat yang masing-masing meraih dua kursi bisa saja bergabung bersama partai yang memiliki fraksi utuh, atau dengan opsi lain saling rebutan menggandeng PKS dan Nasdem, yang masing hanya meraih satu kursi.

Legislator dari PKB, Sofyan Alhabsyi mengungkapkan, pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan partai lain soal rencana koalisi fraksi. “Komunikasi dengan beberapa partai sudah dilakukan, tapi yang pasti PKB tidak akan bersama partai yang meraih fraksi utuh. Kita akan koalisi untuk membentuk fraksi gabungan,” ungkap Sofyan.

Sementara itu, anggota dewan lainnya dari partai Nasdem, Ahmad Deval Pontoh menuturkan, sebagai perwakilan partai yang hanya memiliki satu kursi, dirinya masih menunggu petunjuk dari pimpinan partai mengenai rencana koalisi fraksi. “Kita tunggu saja kedepannya seperti apa,” singkat Deval.

Ketua Dekab sementara, Sam Sachrul Mamonto mengakui, lobi-lobi politik dilintas partai soal rencana kerja sama atau koalisi membentuk fraksi, mulai dilakukan dihari pertama kerja pasca dilantik Senin (15/9). “Komunikasi dilintas partai mengenai rencana pembentukan fraksi mulai dilakukan,” aku Sachrul, usai memimpin rapat perdana anggota dewan bersama sekretariat dewan (setwan), kemarin.

Sachrul memprediksi, fraksi di Dekab Boltim bisa mencapai lima fraksi, yang terdiri dari empat fraksi utuh dan satu fraksi gabungan. “Koalisi merah putih kemungkinan tetap bersama di Dekab Boltim. PAN, Gerindra dan Demokrat bisa saja berada dalam satu fraksi,” ujar Sachrul.

Mengenai target PAN sebagai pemenang pemilu di Boltim dalam AKD, Sachrul mengaku, pihaknya tidak mengincar jabatan atau posisi tertentu dalam struktur AKD. “Jadi anggota biasa atau pimpinan sama saja. Bukan jabatan yang dicari, melainkan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Sachrul.

Sachrul menambahkan, pembentukan fraksi, tata tertib (tatib) dewan, alat kelengkapan dewan (AKD) serta pendefinitifan pimpinan dewan, akan dilakukan dalam waktu yang tidak lebih dari 20 hari kedepan. “Itu sudah sangat mendesak, mengingat banyak PR yang akan kita tuntaskan, termasuk lanjutan pembahasan hingga penetapan APBD 2015,” tambah Sachrul.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here