Pemdes Bilalang II Cari Terobosan Kembangkan Potensi Kemiri

Pemdes Bilalang II Cari Terobosan Kembangkan Potensi Kemiri Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Potensi kemiri di Desa Bilalang II sangat menjanjikan. Tak sedikit warga setempat yang mengandalkan hasil penjualan kemiri sebagai salah satu sumber pendapatan.

Untuk menunjang produktifitas dan meningkatkan kualitas hasil olahannya, saat ini pemerintah desa setempat sedang mencari formula baru agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

“Kami sementara mencari solusi bagaimana mengolah kemiri jadi produk siap pakai. Sekarang ini sampai sekarang masih digunakan sebagai bumbu dapur,” kata Sekretaris Desa (Sekdes), Djafar Mokoagow, Kamis (8/3).

Ia mengungkapkan, lahan perkebunan kemiri di Desa Bilalang Bersatu tergolong besar. Rata-rata pohon kemiri itu katanya ditanam sejak puluhan tahun yang lalu.

“Bisa dikatakan kalau Desa Bilalang sebagai penghasil kemiri terbesar di Bolmong Raya. Kalau pengolahannya sudah baik, maka kemiri ini bukan hanya jadi bumbu masakan saja, tapi juga bisa untuk kebutuhan lainnya,” ungkapnya. (ads/gito)

You might also like

Kotamobagu 3 Comments

Zulhadji Benarkan Adanya Pemeriksaan Dugaan SPPD Fiktif

ZONA KOTAMOBAGU – Isu Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif mulai santer menggoyang gedung DPRD Kota Kotamobagu. Menyusul, informasi adanya pengusutan oleh penyidik kepolisian terkait sejumlah dokumen yang diduga melibatkan

Kotamobagu 0 Comments

Siapkan Kader, GP Ansor Gelar PKD dan Diklatsar Banser

ZONA KOTAMOBAGU – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Utara mengelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser, selama tiga hari (31/1-02/2) di kompleks Masjid Al-Hasan, Kelurahan Kotobangon,

Kotamobagu 0 Comments

Ini yang Didapat Tatong Bara Saat Berkunjung ke Australia

ZONA KOTAMOBAGU — Walikota Tatong Bara ikut dalam rombongan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) mengunjungi Australia, yang dimulai Sabtu (25/8). Dalam kunjungan itu, banyak hal yang didapat dan rencananya akan diterapkan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply