Pemdes Kobo Kecil Garap Potensi Wisata Air Terjun Molimpungan

0
7
Pemdes Kobo Kecil Garap Potensi Wisata Air Terjun Molimpungan Kotamobagu
Air Terjun Molimpungan di Desa Kobo Kecil.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, mengalokasikan anggaran melalui Dana Desa (Dandes) untuk pembangunan dan peningkatkan infrastruktur dan sarana penunjang di objek wisata Air Terjun Molimpungan.

Menurut Sangadi, Refli Ginintu, tahun lalu pihaknya menganggarkan sekira Rp200-juta untuk infrastruktur dan sarana di sekitar lokasi air terjun tersebut. Sedangkan tahun ini, kembali dianggarkan Rp300 juta untuk pembangunan tangga jalan dengan panjang 200 meter menuju ke titik lokasi air terjun. “Sekarang sementara pengerjaan (tangga). Realisasinya sudah 30 persen. Ini untuk memudahkan setiap pengunjung yang datang,” katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan terus memacu pembangunan infrastruktur dan sarana penunjang di lokasi air terjun. Selanjutnya, pengelolaan air terjun tersebut akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Kita selesaikan dulu semuanya, baru diserahkan,” ungkapnya.

Ia meyakini, pengembangan objek wisata Air Terjun Molimpungkan bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. “Masyarakat bisa memanfaatkan dengan berjualan di sekitar lokasi. Kemudian itu juga bisa menjadi salah satu sumber PADes (Pendapatan Asli Desa),” ujarnya.

Pengembangan objek wisata Air Terjun Molimpungan juga sudah masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda). Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Ripparda itu sedang dalam perampungan oleh Badan Legislasi DPRD Kotamobagu. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here