Pemdes Moyag Pasang PJLP

0
108
Pemdes Moyag Pasang PJLP Headline Kotamobagu
Tiang lampu yang dipasang di jalan dua jalur Desa Moyag.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag memasang Penerangan Jalan Lingkungan dan Pemukiman (PJLP). Selain untuk meningkatkan nilai estetika desa, hal itu dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di jalan jalur dua desa tersebut.

Kepala Desa Moyag, Rusmin Mamonto, mengatakan sejak dibangun tahun 2015, ruas jalan dua jalur di Desa Moyag belum ada penerangan jalan. Oleh karena itu, pihaknya menginisiatif untuk memasang PJLP.

“Pemasangan PJLP ini untuk mengantisipasi dan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalur ini. Sebab, kecelakaan lalu lintas banyak terjadi di malam hari. Kemudian keamanan dan ketertiban di dalam desa juga bisa terbantukan dengan adanya penerangan jalan ini,” ujarnya.

Sekretaris Desa Moyag, Maskur Gumalangit, menambahkan, untuk anggaran yang digunakan pada Penerangan Jalan Lingkungan dan Pemukiman itu bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) senilai Rp281.248.000. “Ada 10 titik yang kita pasang lampu PJLP. Kemudian ada 17 mata lampu yang diadakan  pada PJLP ini. 12 mata lampu kita pasang di median jalan dua jalur. Kemudian 5 mata lampu di jalan lorong,” ungkapnya.

Dikatakannya, setelah dilakukan pemasangan PJLP di median jalan dua jalur itu, keesokan harinya tim kelayakan jalan dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XV Manado turun mengecek fisik PJLP.

“Nah terkait pelaksanaan PJLP di jalan umum, tim pengawas kelayakan jalan tidak mempermasalahkan pemasangan lampu di ruas jalan nasional. Saran dari tim pengawas hanya pada izin dan legalitasnya. Jadi pemerintah desa akan mengurus izin PJLP di kantor BPJN XV Manado, agar pada saat pemasangan PJU dari pihak jalan nasional tak ada lagi masalah,” tambahnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here