Pemilihan BPD di Kotsel Batas Awal April

0
193
Pemilihan BPD di Kotsel Batas Awal April Kotamobagu
Anas Tungkagi

ZONA KOTAMOBAGU – Enam desa yang ada di Kecamatan Kotamobagu Selatan (Kotsel) akan memilih anggota Badan Perwakilan Desa (BPD). Batas waktu pelaksanaan ditentukan hingga 2 April mendatang. Hal itu diungkapkan Camat Kotamobagu Selatan, Anas Tungkagi, saat bersua zonabmr.com beberapa waktu lalu.

Anas menjelaskan, untuk proses pemilihanya ada dua opsi yakni, akan ditunjuk secara langsung oleh sangadi, atau melalui proses pemilihan. Pihaknya pun telah melayangkan surat edaran ke masing masing desa agar segera melakukan pemilihan BPD. Apalagi untuk saat ini tinggal Kecamatan Kotamobagu Selatan yang belum mengadakan pemilihan.

“Soal mekanisme pemilihanya sebaiknya dilakukan secara musyawarah mufakat, tetapi tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Kalau diadakan pemilihan, akan memakan waktu, pastinya kita akan mengejar pelantikan di pertengahan April,” ujar Anas

Ditambahkannya, dalam proses pemilihan anggota BPD tersebut, tidak ada aturan yang sangat mengikat bagi para calon yang ingin mendaftarkan diri. Bahkan, warga yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mengikuti pemilihan tersebut tanpa harus mundur dari jabatan.

“Misalnya, di Kopandakan Satu. Ketua BPD-nya itu mantan Kepala Bagian Tapem, pak Edo Mopobela, dan wakilnya adalah Camat Kotamobagu Timur, Pak Usmar Mamonto. Tidak ada aturan yang melanggar ASN untuk terlibat dalam pemilihan BPD,” terangnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here