Pemilu Sebagai Mekanisme Rekruitment Politik

0
197
Pemilu Sebagai Mekanisme Rekruitment Politik Politik
ZONA PILKADA – Pemilihan umum (pemilu) sejatinya masuk dalam salah satu dari empat prinsip aktifitas demokrasi, selain sebagai wadah kompetisi yang sehat, rekrutmen politik di Indonesia yang merupakan tugas partai dituangkan melalui mekanisme pemilu.
Hal tersebut diterangkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di depan 32 mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum, President University, di Ruang Sidang Utama Kantor KPU, Jakarta, Senin (16/11).
“Rekrutmen politik sebagai salah satu fungsi dari partai, diterjemahkan melalui mekanisme pemilu,” terang Ferry.
Ferry melanjutkan, bahwa dalam proses demokrasi terdapat empat prinsip penting didalamnya, yakni kebebasan hak, transparansi atau keterbukaan, Partisipasi publik atau pelibatan masyarakat, dan persaingan yang sehat.
Dari keempat prinsip tersebut, selain sebagai wadah bentuk persaingan yang sehat, pemilu juga menjadi wadah pelibatan atau partisipasi publik dalam sistem politik.
Menurut Verry Junaedi, dosen Fakultas Hukum di kampus tersebut mengatakan bahwa kunjungan mahasiswa dan mahasiswinya itu dimaksudkan untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dari praktisi ke pemiluan.
“Dari kunjungan ini kami mengharapkan para mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman teoritis saja tapi juga mendapatkan pengalaman praktis terhadap pemilu di Indonesia,” ungkap Ferry.
(Sumber: kpu.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here