Pemkab Bolmong Hadiri Sosialisasi APBD Pro Rakyat yang Digelar KPK

0
326

Pemkab Bolmong Hadiri Sosialisasi APBD Pro Rakyat yang Digelar KPK Bolmong

ZONA BOLMONG – Untuk mewujudkan penyusunan dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang pro rakyat, Pemkab Bolmong menghadiri sosialisasi penyusunan dan pelaksanaan APBD yang memprioritaskan ekonomi kerakyatan, yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, bertempat di Ruang Huyula, Kantor Gubernur Sulut. Selasa (12/8) kemarin.

Kegiatan tersebut, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulut, Dr SH Sarundajang, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Dadang Kurnia, Deputi KPK Bidang Pencegahan, Direktur Litbang KPK, Ketua DPRD Sulut Pdt Meiva Salindeho-Lintang STh.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut menegaskan bahwa APBD digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, untuk peningkatan kemakmuran rakyat dan bukan untuk kelompok tertentu. “Paradigma anggaran harus bertumpu pada kepentingan publik transparan dan akuntabel, olehnya  APBD Prorakyat bicara tentang aspek dasar kebutuhan rakyat,” kata Gubernur.

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menyampaikan materi “Penyusunan dan Pelaksanaan APBD yang Memprioritaskan Kepentingan Umum”. Sedangkan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawanan Dadang Kurnia menyampaikan materi “Peran APIP dalam Penyusunan dan Pelaksanaan APBD yang Memprioritaskan Kepentingan Publik”. Adapula pakar ekonomi dari CORE, Dr Hendri Saparini menyampaikan materi “APBD Pro Kepentingan Publik” yang dipandu oleh Sekprov Sulut Ir SR Mokodongan selaku Moderator.

Bupati Bolmong, Salihi Mokodongan sendiri mengatakan, penerapan APBD yang pro rakyat akan diterapkan di Bolmong. “Pimpinan SKPD yang menjadi corong pemerintah daerah harus mampu menuntaskan program-program pro rakyat yang tepat sasaran. Kunci utama dalam peningkatan kesejahteraan rakyat ialah lewat penerapan dan perencanaan APBD yang pro rakyat,” kata Salihi.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here