Pemkab Bolmong Usulkan Pembangunan Terminal Tipe A

0
394
Pemkab Bolmong Usulkan Pembangunan Terminal Tipe A Bolmong

Ilustrasi

ZONA BOLMONG – Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Eka Korompot, mengatakan, guna menunjang kelancaran distribusi penumpang dalam rangka meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana bidang lalu lintas angkutan jalan (LLAJ), Pemkab Bolmong mengusulkan pembangunan terminal Tipe A.

“Untuk lokasi pembangunan terminal tipe A ini, diusulkan di Desa Dulangon Kecamatan Lolak. Perencanaannya sudah ada dan telah kita usulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sekarang tinggal menunggu tindaklanjut dari Kemenhub,” kata Eka, Selasa (16/12).

Terminal penumpang Tipe A ini, lanjut Eka, terdapat berbagai fasilitas, baik fasilitas utama, penunjang dan umum yang antara lain berupa ruang kantor, pelataran, beberapa bangunan kios dan tempat penjualan tiket yang telah tertata dengan baik. “Terminal penumpang merupakan salah satu elemen penting dalam jaringan transportasi jalan,” ujarnya.

Dia menambahkan, ke depan jika usulan ini disetujui pemerintah pusat dan terminal Tipe A mulai beroperasi, maka akan muncul potensi pendapatan retribusi yang cukup besar. “Kehadiran terminal ini selain akan memperbaiki sistem transportasi juga mampu meningkatkan mobilitas penduduk karena terdapatnya fasilitas pengangkutan yang lebih baik. Selain itu, yang tak kalah pentingnya juga akan menciptakan pendapatan bagi daerah,” katanya.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here