Pemkab Bolmut Gelar Festival Budaya 2015

0
358
Pemkab Bolmut Gelar Festival Budaya 2015 Bolmut
Bupati Bolmut, Drs. H. Depri Pontoh saat memberikan sambutan

ZONA BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Depri Pontoh, menghadiri acara Festival Budaya Daerah Sulawesi Utara 2015 yang digelar di Lapangan Kembar Boroko, Rabu (21/5).

Kegaitan dengan tema Keragaman Budaya Daerah Sebagai Pemersatu Bangsa, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bekerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut melalui Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi Bolmut.

Kepala BPNB Sulut, Rusli Marore, dalam sambutannya mengatakan, budaya daerah merupakan aset penting yang harus dijaga sehingga dibutuhkan usaha-usaha dalam melestarikannya.

“BPNB Sulut akan memberi dorongan kepada Pemerintah Daerah untuk bekerja sama dalam melestarikan adat dan budaya daerah, seperti pembuatan Desa Adat,” kata Marore.

Pemkab Bolmut Gelar Festival Budaya 2015 Bolmut
Tampak sejumlah tarian dan seni musik daerah yang dipentaskan

Dalam kesempatannya, Bupati Depri mengapresiasi semua pihak yang telah menyelenggarakan festival tersebut. “Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah yang memiliki kekayaan adat dan budaya, karena daerah ini merupakan gabungan dari dua eks suapraja, Kaidipang Besar dan Bintauna,” katanya.

Bupati Depri juga memberi masukan kepada BPNB untuk mengangkat budaya Bolmut agar menjadi aset kebudayaan yang ada di Provinsi Sulut dan menegaskan bahwa Bolaang Mongondow Utara dan adat budayanya adalah bagian dari Sulawesi Utara.

Acara dimeriahkan dengan pementasan seni dan budaya Bolmut, diantaranya tari Sosilago, musik kulintang, tari Monalu, tari Giomu, tari Monamoto Tamu, tari Tinggulu, Hadra Tradisional. Ada juga penampilan tari maengket dan Musik Kulintang yang dibawakan oleh Sanggar Siamosera.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Bolmut Karel Bangko serta para anggota legislatif, Wakil Bupati Suriansyah Korompot, Sekda Bolmut Reky Posumah, Ketua Forum Budaya Provinsi Sulawesi Utara Sinyo Mononutu, Ketua Aliansi Adat Bolmut, Ketua TP-PKK Bolmut Ainun Pontoh-Talibo, Ketua DWP Bolmut Leida Posumah-Pontoh, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here