Pemkab Bolmut Gelar Halalbihalal

0
384
Pemkab Bolmut Gelar Halalbihalal Bolmut
Tampak Bupati dan Wakil Bupati Bolmut bersama unsur pimpinan daerah (Foto: Humas Pemkab Bolmut)

ZONA BOLMUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar acara silaturahmi dan Halalbihalal Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, bertempat di Gedung Auditorium Kantor Bupati, Sabtu (25/07).

Acara tersebut dihadiri Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Suriansyah Korompot, Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak, Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu I Dewa Made Budi Watsara, Kepala Kejaksaan Negeri Boroko Dwianto Prihartono, Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmut Sulaiman Amba, Kepala SKPD, Camat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat daerah setempat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh mengatakan, Halalbihalal merupakan wahana untuk lebih mendekatkan diri kepada sesama umat beragama, “Karena itu silaturahmi sangatlah penting dalam memperkokoh persaudaraan serta persatuan dan kesatuan sebagai nilai pengikat rasa solidaritas,” ucap Bupati.

Bupati juga mengimbau agar kebersamaan itu terus dibangun, dipelihara dan dipertahankan, agar seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dapat terus berperan memajukan daerah sesuai peranan masing-masing. Dengan harapan Kabupaten Bolmut menjadi daerah yang maju sesuai visi pemerintah Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara yang Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya.

“Dan didukung dengan serangkaian Misi kegiatan yang salah satunya Meningkatkan Harmonisasi Kehidupan Antar Umat Beragama dan Kesadaran Hukum serta Meningkatkan Ketahanan Budaya Lokal,” ungkap Bupati.

Untuk itu, Bupati mengajak agar kegiatan tersebut dijadikan sebagai forum silaturahmi, persaudaraan serta kekeluargaan sesama aparatur pemerintah dan masyarakat, untuk sementara waktu dapat keluar dari hingar-bingar politik dan melakukan refleksi, kontemplasi, bersatu agar sekali lagi bersilaturahim, membangun komitmen bersama untuk melangkah ke arah yang lebih baik.

“Momentum Idul Fitri ini diharapkan menjadi budaya saling memaafkan atas berbagai kesalahan dan kekhilafan untuk memperkokoh kebersamaan, keakraban dan kekeluargaan, menuju keharmonisan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” harap Bupati.

Pada Halalbihalal hari itu, para hadirin juga mendapatkan siraman rohani Ustaz Yusuf Danny Pontoh, yang dalam kesempatannya memberikan ceramah tentang hikmah Halalbihalal. Menurut Ustaz, Halalbihalal merupakan kearifan lokal masyarakat yang dilaksanakan sebagai salah satu implementasi dari ibadah puasa yang dijalankan selama bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini bertujuan membangun dan memelihara hubungan yang baik antarsesama umat dari beragam perbedaan untuk bersama-sama memberikan sumbangsinya dalam memajukan daerah, bangsa dan Negara ke arah yang lebih baik,” kata Ustaz.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here