Pemkab Boltim dan LKPP Gelar Bimtek PBJP

Pemkab Boltim dan LKPP Gelar Bimtek PBJP Boltim
ZONA BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar bimbingan teknis (teknis) pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJP) tingkat dasar bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bertempat di Kantor Bupati Boltim, Senin (5/5) tadi.

Kepala Bagian Pembangunan, Pemkab Boltim, Elvis Siagian mengatakan, pelaksanaan Bimtek guna memberikan pemahaman terhadap aparatur pemerintah terkait peraturan presiden nomor 54 tahun 2010 dan perpres 70 tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa. “Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah tentang ketentuan dan tata cara melaksanakan PBJP,” kata Elvis.

Ditambahkannya, peserta yang terdiri atas pimpinan satuan kerja yang juga pengguna anggaran (PA) dan kuasa pengguna anggaran (KPA), pejabat pembuat komitmen (PPK) dan panitia pengadaan, agar memiliki kompetensi dibidang pengadaan barang dan jasa pemerintah. “Bimtek ini akan dilaksanakan selama lima hari dan diakhiri ujian sertifikasi keahlian barang dan jasa pemerintah,” jelasnya.

Pemateri bimtek berasal dari LKPP dan diikuti  oleh 50 orang yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah kabupaten. Peserta akan mendapatkan materi terkait ketentuan umum pengadaan barang dan jasa, pembuatan dokumen pengadaan, tata cara evaluasi penawaran, tata cara pelaksanaan pemilihan.

Sedangkan ujian sertifikasi akan dilakukan dari Deputi bidang pengembangan dan pembinaan SDM, Direktorat bina pelatihan kompetensi, LKPP dihari terakhir. “Prinsipnya, proses pengadaan barang dan jasa harus dilakukan secara tepat, hemat, cermat, transparan, akuntabel dan dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya,” terang Elvis.

Dilaksanakannya Bimtek di Boltim diharapkan dapat mengurangi biaya pelaksanaan dibanding mengikuti bimtek keluar daerah. Dia berharap Bimtek tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan pemda Boltim, dengan menambah PNS yang memiliki sertifikat PBJP. “Mudah-mudahan setelah ini Boltim akan ketambahan pegawai bersertifikasi,” katanya.

Peliput: Gito Mokoagow

Leave a Response