Pemkot Bentuk Pansel Lelang Jabatan Eselon II

0
724
Pemkot Bentuk Pansel Lelang Jabatan Eselon II  Kotamobagu
Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu membentuk panita seleksi (Pansel) untuk persiapan lelang jabatan eselon II. Timsel ini terdiri dari pejabat pemerintah daerah, akademisi dan juga masyarakat yang dinilai berkompeten.

Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara mengatakan,  Seleksi jabatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. “Undang-undang ASN telah mengamanatkan untuk melakukan seleksi terbuka. Dan pemerintah daerah telah bembentuk Panitia seleksi. Dan dinggal ditandagangani oleh sekretaris daerah,” ujar Tatong.

Dalam waktu dekat ini akan ada penyegeran jabatan untuk pejabat eselon II.  Pejabat yang nantinya akan memimpin kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus melalui proses seleksi.

“Secepatnya akan dilakukan penyegaran (rolling jabatan). Sekarang ini tinggal pemantapannya dari tim seleksi. Tinggal dilakukan evaluasi. Jika sudah, penyegaran jabatan akan langsung dilakukan,” kata Tatong.

Menurutnya, pejabat yang nantinya akan memengang sebuah jabatan diharapkan adalah orang yang memang berkompeten. “Seleksi terbuka ini jangan jadi boomerang tapi harus menjadi semangat untuk berkompetisi dengan pejabat lainnya,” ungkapnya

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara antara lain mengamanatkan bahwa Pengisian jabatan jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif pada tingkat nasional atau antarkabupaten/kota dalam 1 (satu) provinsi.(Gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here