Pemkot dan Kemendagri Gelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah dari Dana Perimbangan

0
153

Pemkot dan Kemendagri Gelar Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah dari Dana Perimbangan Headline Kotamobagu  ZONA KOTAMOBAGU – Pemkot Kotamobagu menggelar sosialisasi optimalisasi pendapatan daerah yang bersumber dari dana perimbangan bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bertempat di Hotel Sutanraja, Kamis (17/12).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Drs Sofyan Maradjabessy M.Si selaku Kasubdit Fasilitasi Dana Bagi Hasil dan Alokasi Dana Umum, Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri.

Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, saat membacakan sambutan Wali Kota Tatong Bara, menyampaikan keberhasilan menyusun data yang valid merupakan sebuah kunci utama suksesnya pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.

“Untuk itu maka pemerintah daerah Kotamobagu mulai tahun 2020, mencoba untuk melakukan pendekatan yang realistis yaitu dengan mensinergikan antara data pusat dan data daerah, dalam rangka untuk proyeksi kebutuhan riil belanja daerah yang disandingkan dengan data perolehan kondisi faktual pemerintah daerah dengan hasil observasi pusat terhadapnya,” ucap Wawali.

Mengingat akan pentingnya hal tersebut, lanjut Wawali, maka sangat perlu dilakukan pembenahan data secara terstruktur dengan teknologi yang benar dan sumber terpercaya. Data tersebut sangat penting dan sangat diperlukan oleh organisasi perangkat daerah sebagai unsur menunjang urusan pemerintahan sebagaimana amanat peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini, adalah untuk melakukan sinergitas dalam tataran lokal terkait dengan metode pengambilan data, variabel data, dan metode analisa data dan dalam rangka optimalisasi dana perimbangan pada pemerintah daerah Kotamobagu,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya senergitas data, dapat tersusun dokumen inventarisasi dan identifikasi data dasar pemenuhan variabel data dan indikator di bidang dana perimbangan keuangan pemerintah daerah Kota Kotamobagu.

“Mengingat pentingnya kegiatan sosialisasi ini, saya mengimbau kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius, sehingga nantinya apa yang akan disampaikan oleh narasumber akan dapat dimengerti, dipahami dan dilaksanakan khususnya dalam rangka untuk optimalisasi pendapatan daerah yang bersumber dari dana perimbangan di lingkungan pemerintah daerah Kotamobagu,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Badan Pusat Statistik Kotamobagu, para asisten, Pimpinan OPD, dan Para Kasubag Program. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here