Pemkot Dinilai Lalai Soal Pemeliharaan Lampu Jalan

0
391
Pemkot Dinilai Lalai Soal Pemeliharaan Lampu Jalan Kotamobagu
Sejumlah lampu jalan di salah satu wilayah Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Pelayanan Publik, Fadli Simbuang, mempertanyakan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu yang meminta untuk validasi data lampu jalan terkait polemik membengkaknya tagihan listrik.

“Pihak Dekot dan Pemkot menyepakati untuk pembayaran listrik dilakukan lewat pergeseran anggaran dengan catatan harus divalidasi dulu data lampu listrik yang ada,” kata Fadli saat dikonfirmasi zonabmr.com, Senin (03/8).

Menurut Fadli, masalah data lampu jalan itu merupakan kelalaian Pemkot Kotamobagu yang selama ini tidak melakukan pemeliharaan secara rutin lampu jalan yang sudah terdata dalam pembiayaan lampu jalan itu sendiri.

“Kita ketahui bersama, bahwa masalah ini sebenarnya kesalahan pihak eksekutif yang selama ini tidak mempunyai data ril atas lampu jalan yang harus dibiayai lewat APBD yang saat ini menjadi masalah. Akibatnya biaya membengkak yang harus dibayarkan kepada pihak PLN,” ujarnya.

Dia menguraikan, dalam Peraturan Pemerintah  nomor 65 tahun 2001 tentang pajak penerangan jalan (PPJ), meminta pemerintah daerah melakukan perencanaan penambahan, perluasan pemasangan jaringan, perbaikan dan pengawasan atas lampu jalan yang sudah disepakati bersama pihak PLN. Dalam pembiyaanya juga ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Jadi kita perlu introspeksi lagi jangan menyalahkan pihak PLN yang sudah memberikan kuota listrik sesuai kesepakatan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tata Kota Kotamobagu, Irawan Ginoga, mengatakan, terkait dengan biaya listrik pihaknya berjanji akan tetap membayarkan. Akan tetapi, sesuai kesepakatan masih akan divalidasi lagi.

“Akan divalidasi lagi karena sudah disepakati bersama dengan pihak DPRD pada saat pembahasan pergeseran anggaran untuk biaya pemakaian listrik lampu jalan yang ada. Nantinya kita akan lebih fokus pada pengawasan atas semua lampu jalan yang ada di Kotamobagu,” terang Ginoga.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here