Pemkot Dorong Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

0
197

Pemkot Dorong Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus mendorong pengembangan budidaya ikan, melalui pemberian bantuan benih dan pakan ikan ke kelompok-kelompok budidaya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produksi ikan air tawar di Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan, Muljadi Suratinoyo, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan 100 ribu benih ikan nila dan 200 ribu kilo gram pakan ke 10 kelompok budidaya ikan nila. Sebelum itu, telah disalurkan juga bantuan benih ke kelompok budidaya ikan patin. “Setelah memberikan bantuan, selanjutnya kita melakukan pengawasan dan pendampingan di lapangan agar proses budidaya ikan yang dilakukan bisa berjalan baik,” katanya.

Salah satu kelompok penerima bantuan tersebut adalah Toya’ Naton yang ada di Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan. Benih ikan itu saat ini sudah berkembang dan mulai berporduksi. “Kita dapat bantuan enam ribu bibit beberapa waktu lalu. Bersyukur karena itu sangat membantu usaha kami ini,” sebut Ihsan Pakoba, anggota kelompok Toya’ Naton.

Selain ikan nila, Kelompok Toya’ Naton juga mengembangkan ikan jenis lainnya seperti patin dan gurame. Dalam mengembangkan usaha itu, yang menjadi kendala hanya keterbatasan lahan. “Kalau bibit dan pakan itu selalu ada, tapi kendalanya hanya lahan saja. Kalau ada lahan luas pasti kolamnya bisa bertambah dan tentu ikan yang diproduksi juga lebih banyak,” ujarnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here