Pemkot Izinkan Pelaksanaan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

0
111
Pemkot Izinkan Pelaksanaan Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid Headline Kotamobagu
Sekda Kotamobagu, Sande Dodo.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) mengizinkan pelaksanaan ibadah shalat tarawih berjamaah di masjid selama ramadhan 2021. Hal ini menyusul adanya surat edaran Kementerian Agama (Kemenag) nomor: SE.03 Tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda), Sande Dodo, pelaksanaan ibadah ramadhan dan idul fitri tahun ini merujuk pada surat edaran dari Kementerian Agama tentang panduan ibadah ramadhan yang memenuhi aspek syariat dan protokol kesehatan.

“Teknisnya nanti untuk shaf masih direnggangkan atau atur jarak. Misalnya, kapasitas masjid bisa menampung 50 persen jamaah dan jamaahnya berkurang karena ada pengaturan shaf yang belum bisa dirapatkan,” kata Sande, Selasa (6//4).

Dirinya juga mengatakan, seluruh masjid dan musholah yang ada di kelurahan/desa se-Kotamobagu akan dilayangkan surat pemberitahuan tentang ketentuan dan aktivitas ibadah berjamaah di masjid selama ramadhan tahun ini.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan surat pemberitahuan serta panduan tentang tata cara pelaksanaan ibadah ramadhan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Surat ini kita layangkan kepada lurah dan sangadi serta pengurus BTM,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat resmi mengumumkan diperbolehkannya ibadah shalat tarawih berjemaah di luar rumah pada Ramadhan 2021. Kebijakan ini disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dalam konfensi pers usai rapat terbatas di Istana Negara, Senin (5/4/) kemarin.

“Khusus untuk kegiatan ibadah selama Ramadhan dan yakni tarawih pada dasarnya diperkenankan atau diperbolehkan,” ujar Muhadjir dikutip dari siaran langsung konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan demikian, pelaksanaan shalat tarawih pada Ramadhan tahun ini boleh dilakukan di masjid atau tempat lain di luar rumah secara berjemaah. Kebijakan ini berbeda jika dibandingkan dengan Ramadhan 2020 lalu. Tahun lalu, pemerintah meminta shalat tarawih dilakukan di rumah. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here