Pemkot Jamin Kesehatan 31.521 Warga Kurang Mampu

0
155
Pemkot Jamin Kesehatan 31.521 Warga Kurang Mampu Kotamobagu
Adnan Massinae

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) menjamin kesehatan warga kurang mampu. Ada 31.521 warga yang diikutkan sebagai anggota Badan Peserta Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Sekretaris Kota (Sekkot), Adnan Massinae, mengatakan pemberian jaminan kesehatan kepada warga kurang mampu itu merupakan bagian dari pemenuhan Universal Health Coverage (UHC). “Nantinya mereka akan mendapatkan kartu BPJS dengan biaya yang ditanggung oleh pemerintah,” kata Adnan, usai menyerahkan kartu BPJS kepada sangadi dan lurah, di aula kantor wali kota, kemarin.

Ia menjelaskan, anggaran yang dialokasikan untuk BPJS Kesehatan senilai Rp8,6 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019. “Masyarakat tak perlu lagi membayar iuran per bulan, karena sudah ditanggung pemerintah,” jelasnya.

Disisi lain, ia mengimbau para sangadi dan lurah untuk kembali mengkroschek data penerima kartu BPJS, guna menghindari data ganda. “Harus dicek lagi sebelum dibagikan ke masyarakat. Jangan sampai ada warga yang sudah pindah domisili atau meningga dunia kemudian namanya masih terdaftar. Kemudian lihat juga apakah ada warga kurang mampu yang tidak masuk dalam daftar,” imbaunya.

Kepala Desa Tabang, Frits Junius Dilapanga, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkot yang sudah menjamin kesehatan masyarakat kurang mampu khususnya yang ada di Desa Tabang. “Ini luar biasa dan sangat bermanfaat bagi warga kurang mampu. Untuk Desa Tabang ada sekitar 391 warga yang mendapatkan kartu BPJS,” sebutnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here