Pemkot Kumpul Data Sejarah dan Budaya Daerah

0
171
Pemkot Kumpul Data Sejarah dan Budaya Daerah Kotamobagu
Bambang Ginoga

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengumpulkan informasi mengenai data sejarah budaya Bolaang Mongondow dan Kota Kotamobagu. Selanjutnya, data-data tersebut itu akan disimpan sebagai koleksi dokumen sejarah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bambang Ginoga, mengatakan pengumpulan data tersebut dimaksudkan untuk melengkapi data sejarah yang dimiliki pihaknya saat ini. “Kita terus mengumpulkan data-data itu, agar semua informasi mengenai sejarah maupun budaya Bolaang Mongondow yang ada di Kota Kotamobagu bisa lengkap,” katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini di kantornya tersimpan data sejarah Kotamobagu, Bolaang Mongondow dan Sulawesi Utara. “Sejarah tentang desa dan kelurahan di Kotamobagu juga ada. Itu (data) kita dapatkan dari desa dan kelurahan masing-masing. Sekarang kita tinggal melengkapi peta wilayah tiap desa dan kelurahan. Dalam pengumpulan data ini kita melibatkan budayawan, tokoh adat, tokoh masyarakat termasuk pemerintah desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Lanjutnya, pengumpulan data sejarah dan budaya itu penting dilakukan, agar memudahkan masyarakat khususnya yang ingin mencari informasi soal sejarah dan budaya Bolaang Mongondow. “Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi soal sejarah dan budaya, bisa datang ke kantor kami. Selain sejarah dan budaya, ada juga data soal jenis tarian dan pakaian adat,” ujarnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here