Pemkot Minta Peran Serta Masyarakat Menjaga RSU Kotamobagu

0
228
Pemkot Minta Peran Serta Masyarakat Menjaga RSU Kotamobagu Kotamobagu
Ir. Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) meningkatkan infrastruktur kesehatan, terbilang maksimal. Terbukti, untuk tahun 2016 ini, Pemkot lewat sumber Dana Alokasi Khusus menganggarkan sekitar Rp 32 miliar bagi peningkatan bangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Kotamobagu. Selain itu, ada sekitar Rp 15 miliar untuk pengadaan Alat Kesehatan.

Namun, perhatian Pemkot tersebut juga harus seiring dengan kewajiban masyarakat Kota Kotamobagu mentaati Tata Tertib (Tatib), baik dalam melakukan penjagaan pasien, hingga sekadar berkunjung. Demikian disampaikan Kepala Tata Usaha RSU Kotamobagu, Rutman Lantong, Rabu (25/5) kemarin.

“Ini harus seiring sejalan dengan masyarakat. Kita semua harus menjaga baik fisiknya, dan mentaati tata tertib di dalam rumah sakit. Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dan tidak terganggunya proses pelayanan di dalam rumah sakit,” ungkap Rutman.

Ia menambahkan, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga RSU Kotamobagu. Apalagi, dalam waktu dekat rumah sakit tersebut akan diakreditasi oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit yang ditunjuk Kementrian Kesehatan RI.

“Baik kebersihannya, pola jam besuk, yang datang besuk siapa saja itu perlu kita pahami bersama ada pengaturannya. Ini untuk kebaikan kita semua,” tegas Rutman.

Hal senada dikatakan Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara yang meminta seluruh masyarakat baik Kotamobagu, dan Bolmong Raya pada umumnya untuk ikut serta dalam menjaga dan mengikuti Tatib.

“Rumah sakit Kotamobagu akan menjadi rumah sakit rujukan regional wilayah Bolmong Raya. Oleh karena itu, mari kita jaga bersama, baik kebersihannya, fasilitasnya,” singkat Wali Kota.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here