Pemkot Optimis RSUD Kotamobagu Tetap Tipe C

0
33
Pemkot Optimis RSUD Kotamobagu Tetap Tipe C Kotamobagu
Ahmad Yani Umar

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) optimis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu tetap tipe C. Optimisme ini diutarakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahmad Yani Umar, kemarin.

Menurutnya, pihaknya telah mengajukan dokumen sanggahan ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes) terkait review kelas atau tipe RSUD Kotamobagu yang diturunkan dari tipe C menjadi D. “Pekan lalu saya bersama jajaran rumah sakit ke Kementrian Kesehatan membawa dokumen sanggahan atas rekomendasi Dirjen Pelayanan Kesehatan. Semua yang dipersyaratkan kita bawa ke sana, dan sudah diterima. Kita yakin tipe RSUD Kotamobagu kembali ke tipe C,” katanya.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor sehingga RSUD Kotamobagu mendapat rekomendasi dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, seperti tidak dilaporkannya ketersediaan sarana dan prasarana rumah sakit, serta tidak adanya tenaga dokter ahli bedah dan patologis. “Kita sudah melewati tahapan akreditasi dari D ke C. Jadi bukan tidak memenuhi syarat, karena saat tim verifikasi turun saat itu ketersediaan sarana dan prasarana tidak dilaporkan. Begitu juga dengan tenaga dokter ahli bedah, saat mereka turun dokter ahli bedah yang ditugaskan melalui program WKDS (Wajib Kerja Dokter Spesialis) sudah selesai kontrak. Tapi itu semua sudah kita selesaikan, dan insya allah bulan ini juga tipe RSUD Kotamobagu sudah kembali ke tipe C,” jelasnya.

Selain mengupayakan RSUD Kotamobagu tetap tipe C, pihaknya juga kata dia terus berbenah agar rumah sakit yang dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan itu naik tipe menjadi B. “Akhir tahun ini tim akreditasi dari kementrian akan turun meninjau kelayakan akreditasi rumah sakit. Nanti setelah itu akan diparipurnakan dulu, kemudian ditentukan apakah bisa naik tipe atau seperti apa. Tapi kita yakin itu bisa (tipe B),” ujarnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here