Pemkot Pasang e-Tax di Tempat Spa

0
103
Pemkot Pasang e-Tax di Tempat Spa Kotamobagu
Ilmar Rusman

ZONA KOTAMOBAGU — Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak tempat usaha, cukup tinggi. Hal ini sejalan dengan terus bertumbuhnya tempat-tempat usaha di Kota Kotamobagu, seperti rumah makan, perhotelan, tempat hiburan, spa dan sebagainya.

Untuk memaksimalkan penarikan PAD dari sektor tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot)  memasang e-tax di semua tempat usaha. Tahun sebelumnya, ada 20 unit yang dipasang di tempat-tempat usaha. Kemudian di tahun ini, ditambah lagi 15 unit yang akan dipasang di sejumlah tempat usaha, termasuk tempat Spa.

“15 unit yang baru ini akan kita pasang di tempat usaha yang potensi pendapatannya besar. Ada rumah makan, hotel dan juga tempat spa,” kata Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD), Ilmar Rusman.

Ia mengungkapkan, pemasangan e-tax tersebut akan segera dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Namun demikian, pihaknya akan terlebih dahulu menyosialisasikannya ke semua pemilik usaha. “Alatnya sudah ada, tinggal dipasang. Tapi kita sosialisasikan dulu, agar dalam penerapannya berjalan lancar,” ungkapnya.

Ditambahkannya, alat e-tax yang dipasang tersebut wajib ditindaklanjuti pemilik usaha. “Setelah dipasang, kita akan awasi di lapangan. Jangan sampai ada yang tidak menggunakannya saat transaksi pembayaran. Itu wajib, kalau tidak kita akan beri sanksi,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here