Pemkot Raih Penghargaan Ombudsman RI

0
438

Pemkot Raih Penghargaan Ombudsman RI Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Ombudsman Republik Indonesia (RI) akan memberikan penganugerahan Predikat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Penghargaan tersebut rencananya akan diserahkan Presiden RI Joko Widodo, pada Rabu (07/12) mendatang.

Kepala Bagian Humas Aljufri Ngandu mengatakan, pengahargaan itu diberikan berdasarkan hasil survei penilaian kepatutan oleh Ombudsman RI 2016. Rencananya penghargaan itu akan diterima langsung Wali Kota Ir. Tatong Bara.

“Sesuai undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, penyelenggara pelayanan publik diamanatkan untuk melibatkan masyarakat dalam menyusun standar pelayanan. Dan Alhamdulillah, Kotamobagu masuk Zona Hijau atas hasil survei,” kata Ngandu.

Masuknya Kotamobagu di Zona Hijau tambah Ngandu, karena peran serta masyarakat yang dilibatkan dalam penyusunan standar pelayanan serta memperkuat pengawasan.

Informasi yang didapat, survei kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2016 itu dilakukan Ombudsman terhadap 12 ribu produk layanan yang ada di 25 kementerian, 15 lembaga, 33 provinsi, 85 kabupaten dan 55 kota.

Dari 25 kementerian yang disurvei Ombudsman, 11 kementerian mendapatkan penilaian kepatuhan tinggi atau masuk dalam zona hijau. Sedangkan lembaga yang mendapatkan predikat zona hijau mencapai 10 lembaga.

Untuk kabupaten yang mendapat penilaian zona hijau mencapai 15 kabupaten. Untuk pemerintah kota yang disurvei, 16 pemerintah kota dinyatakan masuk zona hijau dari 55 pemerintah kota yang disurvei salah satunya Kota Kotamobagu.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here