Pemkot Resmi Luncurkan Kartu Identitas Anak

0
172

Pemkot Resmi Luncurkan Kartu Identitas Anak Headline

ZONA KOTAMOBAGU – Kartu Identitas Anak (KIA) di Kotamobagu resmi diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu, Kamis (27/04).

Kegiatan itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis KIA kepada sejumlah anak berbagai tingkatan usia, dari perwakilan sekolah PAUD hingga SMU se-Kota Kotamobagu.

“Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemenuhan hak bagi setiap warga Negara, termasuk anak,” kata Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara usai peluncuran KIA.

Mennurutnya, pemenuhan hak itu sesuai dengan ketentuan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Lanjutnya, Pemkot sendiri terus meningkatkan berbagai upaya dalam mewujudkan salah satu program menuju Kota Layak Anak. “Pemerintah juga akan terus berupaya agar Anak di Kotamobagu terpenuhi haknya untuk mendapat indentitas,” katanya.

Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virgina Olii mengungkapkan, Kota Kotamobagu merupakan daerah kedua di Sulawesi Utara (Sulut) yang meluncurkan KIA setelah Kota Tomohon. “Untuk tahap pertama ini baru 143 KIA yang diberikan kepada perwakilan anak yang diundang dari perwakilan sekolah,” urainya.

Ia menjelaskan, KIA fungsinya sama dengan e-KTP dan dibuat pada anak yang sudah memiliki akte kelahiran. Manfaat memiliki KIA pada anak selain sebagai bentuk pemenuhan hak anak, juga sebagai persyaratan mendaftar sekolah.

“Selain itu, KIA untuk keperluan lain yang membutuhkan bukti diri pribadi anak. Contohnya untuk data identitas membuka tabungan atau menabung di Bank. Sebetulnya banyak manfaat,” ujarnya.

Sekadar diketahui, syarat mendapat KIA yakni, memiliki akta kelahiran, melampirkan KTP orang tua, Kartu Keluarga dan melampirkan foto ukuran 2×3. Dan KIA ini ditujukan hanya pada anak yang berdomisili di Kota Kotamobagu, usia 0-7 Tahun.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here