Pemkot Siap Tindaklanjuti Saran Auditor BPK

Pemkot Siap Tindaklanjuti Saran Auditor BPK Kotamobagu
Syair Lentang

ZONA KOTAMOBAGU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) telah selesai melakukan audit pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018. Jumat (22/3), dilaksanakan exit meeting di aula rumah dinas wali kota.

Kepala Inspektorat, Syair Lentang, mengatakan audit pendahuluan itu dilaksanakan selama 38 hari. Adapun yang menjadi sasaran pemeriksaan para auditor adalah soal adminstrasi, kegiatan fisik hingga aset daerah. “Pada prinsipnya semua berjalan lancar. SKPD kooperatif dan selalu siap saat dibutuhkan auditor terutama soal permintaan data maupun dokumen,” katanya.

Meski tak membeber hasil audit tersebut, namun ia mengungkapkan ada banyak saran dan masukan yang disampaikan para auditor. “Saran dan masukan itu tentu akan ditindaklanjuti untuk perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah kedepannya,” ungkapnya.

Setelah audit rinci, ditambahkannya akan ada lagi audit rinci yang akan dilaksanakan April mendatang. “Kemungkinan bulan April, tapi untuk kepastiannya kita masih menunggu jadwal dari mereka. Nanti setelah audit rinci itu akan keluar LHP (Laporan Hasil Pemeriksaan) yang akan menentukan opini BPK. Tapi kita optimis bisa mendapat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atas LKPD tahun 2018,” tambahnya. (ads/trz)

Leave a Response