Pemkot Sukses Gelar Festival Kuliner Khas Mongondow

0
240

Pemkot Sukses Gelar Festival Kuliner Khas Mongondow Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kemeriahan hari ulang tahun (HUT) ke-9 Kota Kotamobagu pada tanggal 23 Mei lalu ternyata belum berakhir. Rabu (25/5) pagi tadi, panitia perayaan HUT yang dibentuk Pemkot sukses menggelar Festival Kuliner dengan menu makanan khas Mongondow.

Festival tersebut begitu menarik perhatian seluruh masyarakat Kotamobagu. Alasannya, ikut hadir sebagai juri dan bintang tamu yakni juru masak pentolan Master Chef Indonesia, William Gozali yang juga sempat melakukan aksi memasak ayam sinorang dan menu khas chinese.

Selain Chef William, ikut sebagai juri Ketua Ikatan Chef Indonesia Kalimantan Timur (Kaltim) berdarah nyiur melambai, Benny Lumangkun, serta perwakilan Kementrian Pariwisata selaku pihak yang turut bekerja sama dengan Pemkot sehingga terselenggaranya kegiatan tersebut.

Ketua Panitia HUT, Moch. Agung Adati, ST, MSi., di sela-sela perlombaan memasak yang diikuti utusan dari desa-kelurahan, SKPD, dan BUMD-BUMN mengatakan, agenda perayaan HUT mengakomodir kearifan lokal. Mulai dari perlombaan berupa tarian, permainan, hingga memasak sangat kental dengan adat istiadat Mongondow.

“Dalam festival kuliner ini, kita bisa melihat begitu antusiasnya masyarakat Kotamobagu untuk mengikutinya. Karena, perlombaan ini sangat kental dengan kearifan lokal, misalnya harus membuat Yondok, Ayam Sinorang dan berbagai kue khas Mongondow,” singkat Agung.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, di sela-sela menjadi juri untuk mencicipi hasil masakan puluhan peserta mengungkapkan, bahwa perlu diangkatnya kuliner khas Mongondow agar bisa menjadi brand Kota Kotamobagu ke depan.

“Selain itu kita juga melestarikan kuliner khas Mongondow ini agar generasi muda bisa mengetahui dan memahami bahwa daerah yang kita cintai ini mempunya produk kuliner. Tentunya yang tak kalah enak serta lezat dibanding makanan dari luar,” tutur Wali Kota.

Dalam festival tersebut, para penonton, peserta, dan undangan juga disuguhi dengan aksi “kocok perut”, atau lawakan dari Amoy dan Endi’. Sehingga, kemeriahan HUT ke-9 Kotamobagu menjadi lebih meriah dan menjadi milik seluruh elemen masyarakat Kotamobagu.

Reporter: Gito Mokoagow

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here