Pemkot Target Semua Puskesmas Terakreditasi

0
171
Pemkot Target Semua Puskesmas Terakreditasi Kotamobagu
Devi Lala

ZONA KOTAMOBAGU – Tiga Puskesmas ditargetkan segera terakreditasi tahun ini. Ke-tiga Puskesmas itu masing-masing; Puskesmas Upai, Kotobangon dan Bilalang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Devie Lala, terdapat lima Puskesmas di Kota Kotamobagu. Namun dari lima itu, baru dua diantaranya yakni, Puskesmas Gogagoman dan Motoboi Kecil yang sudah terakreditasi.

“Target kita tahun ini semua sudah terakreditasi,” katanya.

Ia mengungkapkan, tahun ini tim akreditas Puskesmas dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akan turun menilai kelayakan akreditas Puskesmas Bilalang dan Kotobangon. Untuk Puskesmas Upai katanya sudah dinilai pada akhir tahun lalu. “Mudah-mudahan setelah penilaian nanti, tiga Puskesmas itu memenuhi syarat untuk diakreditasi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya sedang berbenah baik dari segi infrastruktur, sarana dan sarana serta kualitas pelayanan ke masyarakat. “Ada banyak indicator yang penilaian. Semuanya sudah kita siapkan, tinggal menunggu tim penilai,” tambahnya.

Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, mengungkapkan akreditasi Puskesmas merupakan sebuah pengakuan terhadap Puskesmas itu sendiri. “Setelah terakreditasi maka kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas itu akan lebih meningkat,” ungkapnya.

Disisi lain, ia mengimbau semua petugas kesehatan baik yang ada di rumah sakit maupun Puskesmas untuk terus memaksimalkan pelayanan ke masyarakat. “Pelayanan harus selalu maksimal. Jangan sampai ada pasien yang mengeluhkan soal pelayanan,” imbaunya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here