Pemuda dan Remaja Motoboi Besar Gelar Baksos ke Makam Leluhur Bolmong

1
1008
Pemuda dan Remaja Motoboi Besar Gelar Baksos ke Makam Leluhur Bolmong Kotamobagu
Kegiatan baksos pemuda dan remaja Motoboi Besar

ZONA KOTAMOBAGU – Puluhan pemuda dan remaja masjid Kelurahan Motoboi Besar menggelar bakti sosial (Baksos) ke makam leluhur yang terletak di perkebunan desa setempat, Minggu (1/3) sekitar pukul 08.00 wita.

Mereka berkumpul di Tugu Binarundak yang terletak di simpang tiga Motoboi Besar, dengan perlengkapan kebersihan mulai dari cangkul, sapu dan alat pemotong rumput lainnya.

Pemuda dan Remaja Motoboi Besar Gelar Baksos ke Makam Leluhur Bolmong Kotamobagu
Kegiatan baksos pemuda dan remaja Motoboi Besar

Evha Bahansubu, salah satu pengurus Remaja Masjid Motoboi Besar di sela-sela kegiatan mengungkapkan, di Bolmong mungkin makam Bogani (leluhur) yang paling dikenal masyarakat hanya di puncak Passi. Namun makam raja di Motoboi Besar belum banyak diketahui.

“Makam di sini belum banyak diketahui masyarakat dan bahkan pemerintah.” Kata Evha sembari membersihkan makam.

Ia menambahkan, di tempat tersebut terdapat tiga makan raja berdekatan. Warga sekitar meyakini makam tersebut milik dari Laloda Mokoagow, dengan ukuran makam panjang sekitar 7-8 meter.

Pemuda dan Remaja Motoboi Besar Gelar Baksos ke Makam Leluhur Bolmong Kotamobagu

“Ada juga makam Boki Silagondo (Istri dari Yayubangkay) yang berukuran sedikit lebih kecil dari makam Laloda, dan juga satu makam berukuran kecil mungkin pengawal dari Laloda.” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, kegiatan baksos tersebut bukan tanpa tujuan atau hanya sekedar bersih-bersih, namun juga sebagai pesan kepada pemerintah daerah setempat. agar lebih memperhatikan warisan budaya serta melesatarikan peninggalan para leluhur yang mulai hilang oleh perkembangan zaman.

“Contoh kecil saja bahasa asli daerah bolmong yang sudah mulai jarang didengar lagi. Bahkan, dibeberapa sekolah pelajaran Muatan Lokal tidak lagi masuk program belajar siswa.” ujarnya.

Peliput: Ady Imban

1 KOMENTAR

  1. Sebagai tambahan,bagi teman2 yang ingin gabung dengan kugiatan kami InshaAllah minggu depan akan di lanjutkan baksos di kuburan Raja Tadohe…alamat sekertariat di motoboi besar RK 1,depan rumah Robianto suit..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here