Penanganan Sampah di Boltim KJ

0
368
Penanganan Sampah di Boltim KJ Boltim
Kadis PU Boltim, Minderd Mawu

ZONA BOLTIM – Belum adanya penanganan dan pengelolaan sampah yang maksimal di wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menjadi pertanyaan warga. Pasalnya meski daerah telah dimekarkan 5 tahun silam, hingga saat ini Boltim belum juga memiliki lokasi pembuangan sampah.

Rendy Limbanadi salah satu warga Boltim menuturkan, penanganan sampah yang maksimal khususnya di Ibu Kota Kabupaten kurang jelas. “Penanganan sampah kurang jelas, tak ada lokasi pembuangan sampah,” tuturnya.

Padahal kata rendy, sejak tahun lalu sudah diadakan truk pengangkut sampah senilai ratusan juta rupiah. Tak hanya itu, ratusan tong sampah pun telah dibeli sejak 2012 silam. “Sampai tong sampah hilang, tak kunjung ada TPA (tempat pembuangan akhir). Instansi terkait lambat dalam menindaklanjuti pembangunan TPA,” katanya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Boltim Haryono Sugeha mengatakan, pembangunan TPA masih terkendala pembebasan lahan di Desa Togid yang masih menjadi Hak Guna Usaha (HGU). “Tim pembebasan lahan sudah menyurat ke pemengang HGU, dan sudah disetujui,” ungkap dia.

TPA tersebut akan dibangun di atas lahan seluasi 5 hektare. Pihaknya sudah mengeluarkan dokumen UKL dan UPL. Tahun depan pihaknya akan mengupayakan juga pembangunan TPA di wilayah Modayag. “Pelaksana teknis adalah dinas PU, kami hanya penyedia sarana prasarana,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan umum (PU) Boltim Minderd Mawu saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan truk dan buruh pengangkut sampah, namun masih terkendala proses pembebasan lahan.
“Kalau sudah dibebaskan (pembebasan lahan.red) akan ada anggaran dari pemerintah provinsi senilai Rp 12 miliar untuk membangunan fasilitas temasuk mesin pengelolah sampah,” terangnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here