Pencairan Dandes Tunggu Perampungan APBDes

0
174
Pencairan Dandes Tunggu Perampungan APBDes Kotamobagu
Hamdan Monigi

ZONA KOTAMOBAGU — Dana Desa (Dandes) untuk 15 desa di Kota Kotamobagu, siap dicairkan. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) tinggal menunggu perampungan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) dari masing-masing desa.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Hamdan Monigi, mengatakan hingga kini belum ada satu-pun desa yang menyelesaikan APBDes. “Itu (APBDes) menjadi syarat pencairannya. Tinggal tergantung desa, kalau soal anggaran sudah siap dicairkan. Dalam APBDes itu tertuang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan tiap desa,” kata Hamdan, Selasa (7/3).

Ia mengungkapkan, pihaknya memberi kesempatan hingga pekan kedua Bulan Maret untuk menyelesaikan APBDes.

“Kita kasih waktu sampai minggu kedua. Kalau sudah rampung langsung dicairkan. Makin cepat pencairannya makin bagus, agar kegiatan yang sudah diprogramkan pemerintah dan masyarakat desa bisa langsung action,” ungkapnya.

Dandes yang akan diterima 15 desa tahun ini sebesar Rp17,4 miliar. Jumlah itu naik sekira Rp2,3 miliar dari tahun sebelumnya atau hanya berjumlah Rp15,1 miliar. Kenaikan jumlah anggaran tersebut akan sangat bermanfaat terhadap percepatan pembangunan di dalam desa.

“Jumlah yang akan diterima setiap desa bertambah. Untuk nominalnya pasti berbeda-beda, karena disesuaikan dengan jumlah penduduk, luas wilayah dan lainnya,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here