Pendaftaran Calon Sangadi Ditutup, Tabang dan Bungko Minim Peminat

0
220
Pendaftaran Calon Sangadi Ditutup, Tabang dan Bungko Minim Peminat Kotamobagu
Kabag Tapem Pemkot Kotamobagu, Mohamad Edo Mopobela

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu secara resmi menutup pendaftaran Calon Kepala Desa (Sangadi) untuk 15 Desa se-Kotamobagu, Jum’at (23/10) kemarin. Hingga batas akhir pendaftaran, dari total 61 calon sangadi terdaftar, dua desa bertetangga yakni Desa Tabang dan Bungko tercatat paling minim peminat.

Data dirangkum, Desa Tabang dan Bungko masing-masing hanya miliki dua calon sangadi yang mendaftar. Sementara jumlah pendaftar terbanyak terdapat di Desa Kopandakan Satu, yakni sebanyak 8 orang Calon Sangadi.

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kota Kotamobagu, Edo Mopobela, proses seleksi terhadap seluruh Calon Sangadi nantinya akan dilakukan Panitia Pemilihan Sangadi (Pilsang) yang telah ditunjuk oleh Pemkot Kotamobagu.

“Seleksi berkas akan dilakukan untuk desa yang pendaftarnya kurang dari 5 orang. Sementara untuk yang jumlahnya lebih dari 5 orang, akan ada seleksi tambahan, seperti tes tertulis dan juga wawancara,” terangnya.

Seleksi itu sendiri, menurut Mopobela, akan memakan waktu selama hampir tiga pekan, “Seleksi oleh panitia akan dilakukan selama 20 hari. Namun, untuk desa yang pendaftarnya lebih dari 5 orang akan ditambah 1 hari untuk pelaksanaan tes tertulis ataupun wawancara,” tandas Mopobela.(*/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here