Penetapan Tersangka Sejumlah Warga Buyat Diduga Tak Prosedural

0
387
Penetapan Tersangka Sejumlah Warga Buyat Diduga Tak Prosedural Boltim
Aktifitas perusahaan di hutan Buyat

ZONA BOLTIM – Penolakan masyarakat Buyat terhadap aktifitas PT. Sanmas Mitra Abadi (SMA) di Hutan Lindung Desa Bukaka, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tersiar kabar malah berujung penetapan tersangka sejumlah warga. (Baca juga: Pemkab Tegaskan PT Sanmas Merupakan Perusahan Ilegal)

Padahal sebelumnya sejumlah warga mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado untuk meminta advokasi gugatan mereka terhadap PT SMA. Warga khawatir bila tak diselesaikan secara hukum, persoalan bisa menjadi konflik dengan warga. Namun sayang belakangan warga sendiri yang dijadikan tersangka oleh Polres Bolmong ketika melakukan penghadangan di jalan lokasi tambang.

Warga menduga, penetapan tersangka itu dilakukan tidak sesuai prosedur. Alasannya, pihak Polres Bolmong terinformasi saat turun ke lokasi langsung menetapkan tersangka. Sementara dari pengakuan warga, sebelumnya mereka tidak pernah mendapat surat panggilan pemeriksaan.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Kapolres Bolmong saat dihubungi via ponselnya belum berhasil dikonfirmasi. Tetapi, Kapolsek Urban Kotabunan Kompol Efendi Manoppo ketika dikonfirmasi membantah adanya penetapan tersangka dalam kasus penghadangan jalan di lokasi tambang tersebut.

“Belum ada yang ditetapkan tersangka, mereka hanya 4 orang warga Buyat masih diperiksa dan akan menjadi tersangka. Tidak benar Polisi sudah menetapkan tersangka sebelum ada surat panggilan pemeriksaan dari penyidik,” tepis Efendi.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here