Pengadaan Kendis Pimpinan DPRD Dinilai Pemborosan Anggaran

Pengadaan Kendis Pimpinan DPRD Dinilai Pemborosan Anggaran Bolmut
Ilustrasi mobil dinas pimpinan DPRD.

ZONA BOLMUT – Pengadaan Kendaraan Dinas (Kendis) pimpinan DPRD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mendapat sorotan. Pasalnya, pengadaan kendis tersebut diduga tidak melalui mekanisme pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, mobil dinas yang digunakan ketua dewan tidak melalui mekanisme pembahasan APBD,” kata salah satu pemerhati Bolmut, Opan Olii.

Selain itu, ia menilai pengadaan kendis pimpinan DPRD tersebut boleh dibilang sebagai pemborosan anggaran. Sebab, dalam satu periode masa jabatan, sudah dua kali pengadaan kendis masing-masing di tahun 2016 dan tahun 2019 dengan merk dan jenis yang sama yakni Toyota Fortuner. “Harusnya dalam satu periode menjabat hanya satu kali pengadaan saja. Tapi ini sudah yang kedua kali,” sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Asripan Nani Msi, membantah jika pengadaan kendis pimpinan DPRD tersebut tanpa melalui pembahasan. “Pengadaan mobil dinas itu ada usulan dari Sekretariat Dewan (Setwan) yang kita tindaklanjuti lewat pembahasan,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmut, Reba Pontoh SE, mengaku tak tahu-menahu jika usulan pengadaan kendis tersebut disetujui. “Memang ada usulan pengadaan mobil dinas, dan dalam pembahasan kami tolak. Yang kita setujui hanyalah pengadaan mobil pemadam kebakaran, dan satu unit motor dinas untuk pelayanan di desa terisolir,” ujarnya. (Rendy)

Leave a Response