Home Pendidikan Pengajian Rutin Muhammadiyah Kota Kotamobagu

Pengajian Rutin Muhammadiyah Kota Kotamobagu

0
610
Pengajian Rutin Muhammadiyah Kota Kotamobagu Pendidikan
Suasana pengajian di Kampus II SMK Muhammadiyah

Zona Pendidikan – Minggu (09/02) warga Muhammadiyah mengelar pengajian rutin yang kali ini bertempat di Mushala SMK Muhammadiyah Kampus II Kelurahan Matali Kotamobagu. Pemateri yang dihadirkan pada pengajian siang tadi yakni Ustadz Kh Muhammad Sa’id Abdus Shomad LC, yang diketahui merupakan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Makassar, juga selaku Anggota Majelis Tarji Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel dan sebagai Ketua LIPPI Indonesia Timur.

Pengajian yang mengangkat tema “Pentingnya Dakwah dalam Rangka Menegakkan Amal Ma’ruf Nahi Mungkar” pemateri menyampaikan setiap warga Muhammadiyah punya kewajiban untuk berdakwah, baik dakwah Bil Lisan maupun dakwah Bil Hal.

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat menyeruh kepada kebajikan, meyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung,” kata pemateri menyadur firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Imran ayat 104.

Dalam pengajian tersebut, hadir pula Wakil Wali Kota Kotamobagu Drs Hi Djainudin Damopolii, yang diketahui juga mantan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bolaang Mongondow dua periode yang pada kesempatan memberikan sambutannya, Wawali mengatakan, walaupun jumlah peserta pengajiian tidak signifikan namun kegiatan ini sudah berjalan lama. “Kegiatan ini rutin, belum pernah putus. Tentunya ini harus dipelihara dan dilestarikan  dalam rangka pengembangan pemahaman Al Islam dan pemilkiran Islam kedepan.” Ungkap Damopolii.

Sambutan juga datang dari Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Kotamobagu, Syahri Malomis S.Pd. yang dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, membiasakan siswa untuk sholat berjamaah memang tidak mudah apalagi dalam lembaga pendidikan yang tidak tersedia tempat atau sarana ibadah. “Tapi alhamdullillah, bagi SMK Muhammadiyah sudah lebih setahun ini melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, sohlat Jum’at termasuk melaksanakan sholat dhuha, sudah menjadi program wajib bagi seluruh siswa dan warga sekolah dengan dimilikinya dua kampus yakni Kampus I di Kelurahan Gogagoman, dan Kampus II di Kelurahan Matali ini,” kata Malomis.

Pengajian Rutin Muhammadiyah Kota Kotamobagu Pendidikan
Guru dan siswa SMK Muhammadiyah Kotamobagu, sholat berjamaah di Kampus II Kelurahan Matali Kotamobagu

Lebih lanjut Malomis juga mengatakan memang awalnya agak berat untuk menganjurkannya tapi berkat dukungan orang tua siswa dan guru semuanya beralan lancar. khususnya setiap khutbah jum’at guru laki-laki terjadwal untuk menjadi khatib dan usai sholat dhuhur siswa bergiliran untuk melaksanakan latihan Kultum atau ceramah agama.

“Pendidikan agama tentunya tidak cukup dinilai kognitifnya tapi yang paling penting adalah penilaian efektifnya. Dalam pembentukan karakter atau akhlaqul karimah tentunya tidak cukup hanya dengan diskusi ceramah, yang paling penting bagaimana para pelajar itu dapat mengaplikasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.” kata Malomis.

Tak lupa Malomis mengungkapkan rasa teriima kasih atas kehadiran pemateri dalam kegiatan pengajian itu. “Rasa terima kasih juga kami sampaikan atas kehadiran Uztadz Kh Muhammad Sa’id Nabdus Shomad LC, Yang sudah mengisi kajian bagi warga muhammadiyah. Kehadiran seorang ilmuan agama adalah merupakan dambaan bagi warga muhammadiyah. Tentunya saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kesediaan memberikan materi pengajian,” tutupnya.(*)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here