Soal Pengelolaan ADD Tahap Satu, Oskar ’Waning’ Sangadi

0
366
Soal Pengelolaan ADD Tahap Satu, Oskar ’Waning’ Sangadi Boltim
Kepala DPPKAD Boltim, Oskar Manoppo

ZONA BOLTIM – Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Oskar Manoppo, mengingatkan seluruh Sangadi (Kepala Desa.red) agar tidak menarik total Anggaran Dana Desa (ADD) yang telah dikucurkan di rekening Desa.

Penegasan itu disampaikan Manoppo, menyusul telah dicairkannya ADD tahap satu kepada 80 Desa yang ada di Kabupaten Boltim. “Tahap satu sudah disalurkan sejak sebelum lebaran idul fitri,” kata Oskar belum lama ini.

Dijelaskannya, penyaluran dana itu dilakukan dalam tiga tahap, pertama 40 persen, lalu 40 persen dan 20 persen. Penyaluran dilakukan dengan syarat harus ada laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa yang dicairkan sebelumnya. Dan harus melalui rekening bendahara pengeluaran sesuai kebutuhan.

“Dana harus ada di rekening bendahara, bukan di rekening Sangadi. jika dana dipindahkan ke rekening sangadi maka akan rawan penyalahgunaan anggaran. Dan jangan menarik secara total, itu adalah pelanggaran keras. Jika kami temukan maka akan diberi sanksi tegas,” jelasnya

Selain itu tambah Okcar, dalam waktu dekat pihaknya akan turun bersama Inspektorat untuk mengecek saldo di rekening semua bendahara desa. “Jika ada kedapatan saldo nihil, maka siap-siap untuk mendapat sanksi di tahap dua,” ujarnya.

Oskar mengingatkan kepada pengelola dana tersebut untuk dapat menggunakan anggaran sesuai Rencana Kerja Anggaran (RKA) desa. “Jika belanja tidak tertata di RKA, itu dianggap menyalahi aturan. Apalagi fiktif secara administrasi. Tidak ada barang tapi ada nota belanja,” tandasnya.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here