Pengembangan Kawasan Pertanian Sesuai Jenis Tanaman Unggulan

0
88
Pengembangan Kawasan Pertanian Sesuai Jenis Tanaman Unggulan Kotamobagu
Muljadi Suratinoyo

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus menggenjot sektor pertanian sebagai salah satu unggulan di Kota Kotamobagu. Salah satu yang dilakukan adalah pengembangan kawasan pertanian organic berdasarkan wilayah.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Ramjan Mokoginta, mengatakan pengembangan kawasan pertanian organic itu disesuaikan dengan clushter unggulan di tiap wilayah. Ia mencotohkan, di Kecamatan Kotamobagu Utara cocok dengan tanaman Kakao, maka pusat pengembangan tanaman jenis itu akan dipusatkan di wilayah tersebut. “Begitu juga dengan wilayah lain. Kalau di Kecamatan Kotamobagu Selatan cocok dengan Kopi Arabika, maka akan kita fokuskan di sana. Kita lakukan begitu agar pengembangan sektor pertanian bisa lebih terarah,” katanya.

Selain mengembangkan kawasan pertanian, hal lain yang juga dilakukan Dinas Pertanian adalah memandu petani untuk mengarah ke sistem organik. “Kalau organic itukan ada jaminan kesehatannya. Tanaman tidak dicampurkan pupuk kimia. Untuk itu kita dorong agar semua petani beralih ke sistem organic,” ujarnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here