Pengendara Hati-hati, Jalan Upai-Pontodon Berlubang

0
245
Pengendara Hati-hati, Jalan Upai-Pontodon Berlubang Kotamobagu
BELUM DIPERBAIKI: Akses jalan penghubung Kelurahan Upai dan Desa Pontodon berlubang.

ZONA KOTAMOBAGU – Jalan penghubung Kelurahan Upai dan Desa Pontodon, rusak parah. Lubang berukuran kecil hingga besar menganga di beberapa titik jalan di wilayah Kecamatan Kotamobagu Utara itu. Kondisi tersebut sudah lama terjadi, namun hingga kini belum ada perbaikan.

“Sudah lama begini (rusak), tapi belum juga diperbaiki. Kalau dibiarkan terus, akan semakin parah dan bisa membahayakan pengguna jalan,” kata Is Dondo, warga Kelurahan Upai.

Menanggapinya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sande Dodo, mengatakan perbaikan jalan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu sesuai SK Gubernur Sulut nomor 267 Tahun 201 tertanggal 23 Agustus tentang penetapan ruas jalan provinsi di wilayah Sulut. “Ada beberapa ruas jalan yang masuk di wilayah kewenangan provinsi, seperti di Jalan Upai sampai ke Bilalang, Mongkonai sampai di Lalow (Kabupaten Bolmong), Kopandakan I sampai ke Tungoi dan Matali Baru (Bolmong). Itu jalan yang menghubungkan dua kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya mengalokasikan anggaran pemeliharaan jalan. Namun katanya, anggaran itu tak bisa diperuntukkan pada pemeliharaan jalan yang menjadi wewenang Provinsi atau pusat. “Kecuali jalan daerah, itu bisa kita tindaklanjuti baik itu pemeliharaan ataupun perbaikan,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here