Penggunaan Dandes Masuk Program Reguler Audit Inspektorat

0
268
Penggunaan Dandes Masuk Program Reguler Audit Inspektorat Kotamobagu
Kepala Inspektorat Kotamobagu, Alex Saranaung

ZONA KOTAMOBAGU – Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) berkisar Rp 17 miliar bagi 15 desa mulai dicairkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Sejauh ini, baru ada dua desa yang akan segera menikmati anggaran fantastis mencapai angka Rp 1 miliar lebih tersebut, yakni Desa Kopandakan Satu, dan Desa Moyag Tampoan.

Namun, penggunaan dana tersebut nantinya akan diaudit Pemkot melalui Inspektorat Kota Kotamobagu. Bahkan audit tersebut akan memasukkannya dalam program regular yang disusun inspektorat, “Setelah penggunaan dana tersebut, kita akan audit. Audit ini akan masuk dalam program regular,” ungkap Kepala Inspektorat Alex Saranaung, Selasa (03/05).

Alex menambahkan, dirinya belum mendapatkan informasi pasti terkait akan turunnya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit Dandes itu, “Belum ada informasi pasti,” kata Alex.

Sebelumnya, Kepala Bidang Anggaran dan Verifikasi DPPKAD Pemkot, Syafrudin Abas menegaskan perlu dimaksimalkannya perencanaan, penyusunan APBDes, dan juga pelaksanaannya. Itu dikarenakan pada tahun 2016 mendatang, penggunaan Dandes dan ADD ini akan diaudit secara mandiri oleh BPK RI.

“Jadi, sangat diharapkan sikap proaktif pemerintah desa terutama Sangadi. Jika bisa, datang di DPPKAD nanti kita akan membantu penyusunan APBDes-nya. Saya siap, dan kami menyediakan tempat untuk desa berkonsultasi,” ujar Abas.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here