Pengisian Jabatan Kepala Dinkes dan BPKD Tunggu Persetujuan Mendagri

Pengisian Jabatan Kepala Dinkes dan BPKD Tunggu Persetujuan Mendagri

Pengisian Jabatan Kepala Dinkes dan BPKD Tunggu Persetujuan Mendagri Kotamobagu

Sahaya Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU –  Pemerintah Kota (Pemkot) sangat berhati-hati dan tak mau terburu-buru untuk mengisi kekosongan jabatan di dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni Dinas Kesehatan dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD). Pasalnya, Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat 2 ditekankan bahwa seorang gubernur, bupati dan walikota dilarang melakukan penggantian pejabat enam  bulan sebelum penetapan tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapatkan izin tertulis dari menteri. Pelantikan pejabat bisa dilakukan jika mendapat izin tertulis dari Mendagri.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Kamis (11/1) Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) mengunjungi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) berkonsultasi soal pengisian dua jabatan tersebut.

“Kita koordinasikan dengan Kemendagri untuk pengisian dua jabatan itu (Kepala Dinkes dan Kepala BPKD). Kita sudah usulkan dan tinggal menunggu persetujuan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat,” kata Kepala BKPP, Sahaya Mokoginta.

Ia mengakui, mutasi atau pengisian pejabat pada jabatan tertentu bisa dilakukan jika mendapat persetujuan Mendagri. “Apalagi kalau ada kekosongan jabatan, itu harus diisi untuk kelancaran pelaksanaan program dan kegiatan serta pelayanan kepada masyarakat,” sebutnya.

Seperti diketahui, jabatan Kepala Dinkes mengalami kekosongan lantaran pejabat sebelumnya, drg Haris Mongilong, mengundurkan diri dari jabatannya sekaligus sebagai PNS. Sedangkan jabatan Kepala BPKD kosong karena pejabat sebelumnya, Rio Lombone, pindah ke Kabupaten Bolmong. (ads/gito)

About author

You might also like

Kotamobagu 0 Comments

Penculikan Anak Merebak, P2TP2A Imbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan

ZONA KOTAMOBAGU – Kepala BPMD PP dan KB yang sekaligus Ketua harian P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Sitti Rafika Bora, mengimbau agar para orang tua lebih

Kotamobagu 0 Comments

Tatong Tunjuk Damopolii Jabat Kepala DLH

ZONA KOTAMOBAGU — Walikota Tatong Bara menunjuk Gunawan Damopolii sebagai Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Jumat (10/11), Sekretaris Kota (Sekkot) Adnan Massinae menyerahkan SK Plh kepada pejabat

Kotamobagu 0 Comments

Dishub Terus Maksimalkan Penataan Rambu Lalin di Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perhubungan (Dishub) terus memaksimalkan penataan rambu-rambu lalu lintas (lalin) di wilayahnya. Hal itu sebagaimana terpantau pada Kamis (21/1), petugas Dishub melakukan perbaikan atau

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply