Pengumpulan Uang di Pinggir Jalan Harus Berijin

0
201
Pengumpulan Uang di Pinggir Jalan Harus Berijin Kotamobagu
Sarida Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Pengumpulan uang atau barang yang biasa dilakukan warga di Desa dan Kelurahan tak bisa lagi dilakukan sembarangan. Hal itu diperbolehkan jika terlebih dahulu mendapatkan ijin tertulis dari Dinas Sosial.

Pekan lalu, Dinas Sosial menyosialisasikan Undang-undang nomor 9 Tahun 1961 tentang pengumpulan uang dan barang kepada para sangadi dan lurah.

“Setiap kegiatan pengumpulan uang atau barang, entah itu untuk bantuan bencana alam ataupun untuk disumbangkan ke rumah ibadah, harus mendapat ijin tertulis dari Dinas Sosial,” kata Kepala Dinas Sosial, Sarida Mokoginta.

Ia mengimbau, para sangadi, lurah maupun tokoh masyarakat di tiap desa dan kelurahan untuk dapat menyosialisasikan hal tersebut ke masyarakat di wilayah masing-masing. “Kita harap ada kerja sama dari pemerintah desa dan kelurahan, khususnya dalam menginformasikan ke masyarakat,” imbaunya.

Ia mengungkapkan, pengaturan pengumpulan uang atau bahan itu diatur dalam Undang-undang nomor 9 Tahun 1961 tentang pengumpulan uang dan barang.

“Kegiatan itu tidak boleh dilakukan secara individu, tapi harus melalui organisasi, yayasan atau perkumpulan apa saja yang memiliki kepanitiaan. Kalau memenuhi unsur-unsur itu, akan kita keluarkan ijinnya,” ungkapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here