Pengurusan SIM, Romel: Tidak Ada Batas Usia Maksimal

0
664

Pengurusan SIM, Romel: Tidak Ada Batas Usia Maksimal Hukum

ZONA HUKRIM – Proses pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak ada batasan umur maksimal. Hal itu selama pengendaranya mampu dalam arti masih bisa mengendarai kendaraan dan bisa melihat rambu-rambu serta marka jalan dengan jelas. Begitu disampaikan Kasat Lantas Polres Bolmong, AKP Romel Pontoh, saat diwawancarai zonabmr.com, Rabu (30/3) sore tadi.

Dikatakan Romel, proses pengurusan SIM bagi pengendara yang lanjut usia harus ada surat keterangan dari dokter yang memastikan pengendara itu betul-betul bisa mengendarai kendaraan, “Karena, kalau berbicara masalah usia, pastinya itu berkaitan dengan penglihatan, serka kemampuan motoriknya” kata Romel.

Romel pun tak henti-hentinya mengimbau setiap pengendara dan pengguna jalan selalu mematuhi segala aturan lalulintas. Ia mengurai beberapa poin yang mesti diperhatikan dalam berkendara.

  1. Pastikan kondisi fisik dan jiwa yang sehat.
  2. Pastikan kendaraan yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan, mulai dari kesiapan kondisi mesin kendaraan, ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, rantai, busi, bahan bakar dan surat-surat (SIM dan STNK).
  3. Gunakanlah helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun pembonceng.
  4. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.
  5. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan.
  6. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.
  7. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.
  8. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.

“Kita tidak pernah tahu dan tidak pernah mau celaka, tetapi kalau bisa dicegah kenapa tidak? Disiplin berlalu lintas bukan hanya milik petugas kepolisian, tetapi milik kita semua agar selamat sampai di tujuan,” harap Romel.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here