Penyakit DBD Terus Mewabah

0
125

Penyakit DBD Terus Mewabah Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terus mewabah. Dari catatan Dinas Kesehatan (Dinkes), di awal Bulan Februari ini tercatat sudah ada 12 laporan kasus.

Koordinator Fogging Dinkes, Ernawati Sianturi, mengatakan kondisi cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini membuat nyamuk pembawa virus dengue itu berkembang lebih cepat. Itu kemudian katanya didukung banyaknya tempat perindukan nyamuk, mulai dari sampah yang menampung air seperti kantong makanan yang dibuang di sembarang tempat, ban bekas hingga kaleng-kaleng bekas. “Ini yang harus diperhatikan masyarakat. Upaya pencegahan dini penyakit DBD adalah pemberantasan sarang nyamuk,” katanya.

Ia menjelaskan, ada 50 laporan kasus DBD sepanjang tahun ini. Jumlah kasus itu terbagi atas 38 di bulan Januari dan sisanya di awal Februari ini. Setiap laporan ini langsung kita tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan epidemiologi (PE), kemudian memeriksa rumah-rumah dalam radius 100 meter untuk memastikan ada atau tidaknya jentik nyamuk. Sampai saat ini, katanya pihaknya sudah 32 kali melakukan foging di 16 lokasi. “Setiap lokasi kita fogging dua kali. Tapi fogging yang kita lakukan ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Kalau masih ada jentiknya, maka keesokanharinya pasti sudah ada nyamuk lagi,” jelasnya.

Kepala Dinkes, Devie Lala, mengimbau masyarakat untuk rutin melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan 3M plus atau menguras, menutup, menimbun plus memakai hand body anti nyamuk. Apalagi kondisi cuaca seperti saat ini akan banyak genangan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk,” imbaunya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here