Penyaluran BLT Dandes Tunggu Hasil Musdes

0
158
Penyaluran BLT Dandes Tunggu Hasil Musdes Headline Kotamobagu
Rum Mokoagow

ZONA KOTAMOBAGU – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (Dandes) akan segera disalurkan. Tiap Kepala Keluarga (KK) penerima akan mendapatkan Rp600 ribu.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas PMD, Rum Mokoagow, penerima BLT adalah hasil pendataan yang dilakukan relawan berbasis RT (rumah tangga), kemudian digelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk validasi dan finalisasi. “Setelah di Musdes-kan kemudian ditetapkan dalam peraturan sangadi (kepala desa), setelah itu diajukan ke camat mewakili wali kota untuk pengesahan,” kata Rum.

Lanjutnya, saat ini 15 desa di Kotamobagu sedang dilakukan tahap pendataan dan ada juga desa yang sudah dalam tahap Musdes. “Desa yang sudah melakukan Musdes yakni, Desa Kobo Kecil, Bungko dan Poyowa Besar satu. Sementara untuk desa lainnya yang sudah Musdes kita masih pantau, karena yang dampingi langsung di lapangan baik pendataan dan Musdes itu pendamping profesional desa,” tuturnya.

Ia berharap, tahapan pendataaan dan Musdes di tingkat desa secepatnya sudah terlaksana agar penyaluran BLT juga bisa dipercepat kepada warga yang terdampak ekonomi akibat pembatasan aktifitas selama masa Pandemi Covid-19. “Sesuai Permendesa untuk pagu dana desa Rp800 juta sampai Rp1,2 miliar maksimal 30 persen. Kemudian diatas Rp1,2 miliar maksimal 35 persen,” sebutnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here