Peras Pejabat, KPK Gadungan Diamankan Manguni Polda Sulut

0
221

Peras Pejabat, KPK Gadungan Diamankan Manguni Polda Sulut Headline Hukum

ZONA HUKRIM –  Mengaku sebagai anggota Komisi Pemberantasan Korupasi (KPK) berpangkat Kompol, Johan Helwen (27), warga Sawar, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, akhirnya diringkus Tim Manguni Polda Sulut, Sabtu (30/4) pekan lalu.

Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol Pitra Ratulangi, melalui rilisnya mengatakan, penangkapan dilakukan berdasarkan informasi ada seseorang bernama Johan yang mengaku sebagai Pamen Polri berpangkat Kompol lulusan Akpol, yang juga penyidik KPK. Informasi juga menyebut orang tersebut sering meminta-minta uang kepada sejumlah pejabat yang ada di Sulut, dengan melakukan tuduhan terlibat dalam kasus korupsi.

Atas itu, Tim Manguni Polda Sulut kemudian menelusuri keberadaan Johan yang akhirnya  tertangkap di kos-kosan wilayah Kelurahan Malalayang I, Kota Manado. Sebelum diamankan, dalam pemeriksaan Johan sempat mengaku sebagai anggota LSM LAPRI yang ada hubunganya dengan KPK. Ironisnya, saat ditanya apa kepanjangan dari LSM LAPRI, Johan malah tidak tahu. Hal itu kemudian menjadi indikasi kuat aparat bahwa Johan adalah KPK gadungan.

Johan pun langsung digiring aparat untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. Dalam pemeriksaan, Johan mengaku sudah beberapa kali menguhubungi orang-orang yang diduga ada keterlibatan dengan kasus korupsi dan meminta uang. Aksi tersebut dilakukannya di Kota Ambon, Manado serta beberapa tempat lainnya. Johan juga berencana akan meminta uang kepada sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, namun sayangnya rencana tersebut kandas setelah tertangkap.

Dalam penangkapan tersebut, ikut diamankan barang bukti sejumlah dokumen yang seolah-olah dari KPK terkait kasus Pulau Bangka, serta salilan putusan PTUN kasus tersebut. Uang tunai senilai Rp 2 juta yang diduga adalah hasil penipuan, serta 1 buah laptop, namun yang bersangkutan tidak tahu mengunakan laptop tersebut.

“Untuk saat ini tersangka dan barang bukti telah kami amankan di Rutan Polda Sulut untuk menjalankan proses hukum,” tulis Ratulangi.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here