Perjalanan Dinas Jadi Modus Pejabat Gasak Uang Sisipan?

0
422
Perjalanan Dinas Jadi Modus Pejabat Gasak Uang Sisipan? Boltim
Ilustrasi

ZONA BOLTIM – Intensitas Tugas luar (TL) atau perjalan dinas keluar daerah oleh pejabat di lingkungan Pemerintahan Daerah (Pemkab) Boltim, kini semakin tinggi. Bahkan banyak menduga TL tersebut dijadikan lahan untuk mendapat uang.

Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Boltim Ismail Mokodompit mengungkapkan, penghematan uang negara melalui perjalanan dinas dinilai hanya sekadar kata-kata saja dari Bupati Sehan Landjar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Ir Muhammad Assagaf.

Hal itu dilontarkan Mokodompit, karena menurutnya tahun anggaran 2014 saat ini, tak sedikit pejabat yang ada di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan TL beramai-ramai.

Mokodompit menjabarkan, hampir setiap hari ada pejabat baik eselon II, III dan IV melaksanakan TL. Ini diduga dijadikan lahan atau mata pencaharian untuk mendapat uang. Sebab kata dia, satu perjalanan saja pejabat eselon II, mencapai Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

“Ini menandakan, bahwa komitmen Bupati Sehan Landjar dan Wakil Bupati Medy Lensun serta Sekda Boltim, untuk penghematan anggaran tidak jalan, “ujar Mokodompit.

Dia menegaskan, sebelum Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boltim ini terkuras hanya untuk perjalanan dinas, maka Bupati dan Sekkab Boltim harus lebih teliti, apakah TL yang dilaksanakan bermanfaat atau tidak.

“Sekda selaku Pengguna Anggaran (PA) segera mengevaluasi para pejabat yang sering melaksanakan TL. Sebab, kebanyakan TL yang dilakukan oleh pejabat tersebut, hanya untuk mencari uang, ” cecarnya.

Terpisah, Pemkab Boltim melalui Asisten III Ir Djainudin Mokoginta saat dimintai keterangan terkait hal tersebut membantahnya. Kata Mokoginta, perjalanan dinas yang dilakukan oleh pejabat Boltim, karena urusan pemerintahan dan untuk kepentingan rakyat.

“Jadi informasi Itu tidak benar,” tegas Mokoginta kepada zonabmr.com, Minggu (15/6).

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here